SOLOPOS.COM - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Instagram @kaesangp)

Solopos.com, SOLO – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangerap yang  baru saja melepas masa lajang hari ini dikenal sebagai pengusaha dengan sederet bisnis.

Kaesang Pangarep resmi mempersunting Erina Gudono setelah melakukan ijab kabul di Pendapa Ageng, Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Erina dan Kesang dinikahkan oleh wali nikah yang juga kakak sulung Erina, Allen Gudono. Allen menggantikan mendiang ayahnya, Mohammad Gudono.

Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono menjadi saksi nikah dari Kaesang dan Mensesneg Pratikno menjadi saksi pernikahan. Kaesang memberikan mahar Erina dengan seperangkat alat salat, uang sebesar Rp300.000, dan logam mulia. Logam itu ditata secara berurutan dalam bingkai kaca, melambangkan tanggal pernikahan mereka yakni pada Sabtu (10/12/2022).

Baca Juga: Wah, Ada Belasan Brand Kuliner Top di Stan Makanan Gratis Nikahan Kaesang-Erina

Selama ini Kaesang dikenal sebagai seorang content creator, pebisnis hingga investor saham yang punya banyak bisnis. Adik dari Kahyang Ayu ini juga dikenal sebagai salah sebagai salah satu pemilik klub sepak bola, Persis Solo.

Melansir Bisnis.com dan sumber lain, berikut beberapa bisnis yang ditekuni oleh Kaesang yang juga merupakan adik Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tersebut:

1. Sang Pisang

Didirikan pada tahun 2017 dan telah memiliki cabang di berbagai wilayah di Indonesia merupakan produk pisang nugget. Bukan hanya itu, pada Oktober 2019 lalu Sang Pisang telah membuka cabang pertamanya di Mancanegara yaitu Kuala Lumpur, Malaysia.

2. Sang Javas

Sang Javas merupakan bisnis yang telah dibangun sebelum Sang Pisang, yaitu pada Agutus 2017 lalu. Sang Javas merupakan produk koas bergambar karikatur.

3. Enigma Camp

Enigma merupakan wadah pelatihan programmer yang didirikan pada 2017 lalu. Berfokus pada bisnis yang menyediakan IT Bootcamp dan IT Talent management untuk menyiapkan programmer siap kerja.

4. Yang Ayam

Bisnis makanan yang diluncurkan pada 2019 lalu tersebut menjadi salah satu portofolio venture capital-nya yaitu PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT). Gerai pertama berlokasi di Tanjung Duren, Jakarta.

Baca Juga: Kaesang-Erina Resmi Menikah, Ini Kado Spesial dan Wejangan dari Presiden Jokowi

5. Ternakopi

Produk kopi kekinian yang menjadi incaran milenial, mempunyai nama Ternakopi yang dirilis pada tahun 2019 di Cipayung, Jakarta Timur.

6. Ikan lele

Februari 2019 lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Kaesang Pangarep sedang mencoba bisnis ikan lele. Hal itu dikarenakan Kaesang melihat permintaan terhadap ikan lele melonjak, sementara suplai di pasar tergolong kurang.

7. Siapmas

Brand kolaborasi antara Kaesang dengan sang kakak yakni Gibran Rakabuming Raka, diluncurkan pada tahun 2019 lalu. Siapmas merupakan brand dengan produk minuman dan makann ringan, seperti Kemripik, Pik Kripik, dan Ngedrink.

8. Mangkok Ku

Bisnis restoran yang bekerja sama dengan Chef Arnold Poernomo dan Gibran telah dirintis sejak 2019, berlokasi di Jl. Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat.

Baca Juga: Tiga Anak Sudah Menikah Semua, Presiden Jokowi: Plong!

9. Hompimpa Games

Selanjutnya ada Hompimpa Games yang merupakan board game yang bertujuan untuk membawa pesan terhadap toleransi dan nilai budaya Indonesia dengan permainan tradisional. Produk andalannya seperti, Math Cat, The Art of Batik dan Acaraki.

10. Aplikasi Madhang

Aplikasi yang dirilis pada 11 Desember 2017 ini digunakan untuk ibu-ibu dengan keterampilan memasak atau jago masak dengan pembeli. Berbasis android yang bekerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

11. Let,s Toast

Selain menu nusantara yang khas, Kaesang juga berinovasi melalui makanan western. Let’s Toast merupakan brand dengan menu beragam seperti egg sandwich, french toast, dan beberapa minuman segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya