SOLOPOS.COM - Pemudik dari luar Jawa Tengah saat memasuki Gerbang Tol Kalikangkung Semarang pada momen mudik 2022. (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Sebelum mudik Lebaran 2023 menuju Semarang dari Jakarta, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu tarif tol terbarunya.

Jalan Tol Jakarta-Semarang dengan panjang sekitar 442 km dapat dimanfaatkan oleh para pemudik di momen Lebaran 2023 ini.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Dengan lewat Tol Jakarta-Semarang ini, pemudik hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 5 jam 27 menit saja. Hal ini berbeda jika kamu lewat jalur Pantura yang membutuhkan waktu lebih lama hingga lebih dari 10 jam lamanya.

Lalu, berapa tarif tol Jakarta-Semarang dalam rangka mudik Lebaran 2023?

Mengutip laman Indonesiabaik.id, untuk pemudik yang mengendarai kendaraan bermotor golongan I, tol Jakarta-Semarang dengan exit tol di Kalikangkung dikenakan tarif sebesar Rp377.500.

Untuk menuju Semarang, ada beberapa jalur tol yang harus dilalui, di antaranya Jakarta-Cikampek, Cikopo Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang (Kalikangung).

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi belum lama ini menyampaikan pada 2023 ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik pada libur Idulfitri 1444 Hijriah/2023 Masehi mencapai 123 juta orang atau naik sebesar 47% secara nasional.

Diprediksi, moda transportasi darat akan mendominasi pergerakan saat mudik tahun ini. Mayoritas masyarakat diprediksi menggunakan mobil pribadi sebanyak 27,32 juta orang atau 22,07% dari total pergerakan masyarakat pada mudik Lebaran 2023.

Nah, bagi kamu yang sudah siap mudik Lebaran 2023 lewat jalan tol Jakarta-Semarang, jangan lupa isi saldo E-Toll agar bisa membayar tarif tol yang telah disebutkan tadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya