SOLOPOS.COM - Sejumlah pencari kerja mengunjungi lokasi Job Fair yang digelar di Solo Grand Mall (SGM), Selasa (23/1/2024). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Tantangan dalam dunia kerja tidak hanya dialami para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Pemberi kerja pun tak kalah sulit mencari tenaga kerja yang sesuai kebutuhannya.

Puluhan orang sudah mengantre di depan pintu masuk lokasi job fair yang digelar di lantai 3 Solo Grand Mall (SGM), Selasa (23/1/2024) sekitar pukul 10.00 WIB.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Sedangkan masing-masing stan perusahaan peserta job fair masih melakukan persiapan sebelum acara dibuka. Acara baru dibuka sekitar setengah jam setelahnya.

Job fair selama ini memang selalu menjadi tujuan para pencari kerja untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang dibuka sejumlah perusahaan.

Sebab dengan acara semacam itu, pencari kerja bisa mendapatkan informasi secara langsung dari banyak perusahaan, hanya di satu lokasi. Begitu pula pada job fair yang digelar SGM bersama Jobfair.co.id tersebut.

Para pengunjung job fair pada hari pertama, Selasa, rata-rata adalah anak-anak muda. Ada yang baru lulus, ada yang sudah berpengalaman kerja namun ingin mencari pekerjaan lain.

Tak ketinggalan, ada juga yang belum lulus ikut meramaikan job fair.

Salah satu dari mereka yakni Eri Ayu, warga Sragen.

Kedatangan dari lulusan tahun 2021 dari Fakultas Pertanian UNS itu juga untuk mencari informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan dirinya. Satu per satu stan yang terdiri dari 43 perusahaan itu dia lihat.

Sekitar pukul 11.43 WIB, dia keluar dari lokasi Job Fair dengan beberapa brosur lowongan pekerjaan dari stan perusahaan yang dia kunjungi.

Dia mengatakan setelah lulus sempat bekerja pada bidang media marketing di sebuah perusahaan di Boyolali. Dia tidak mempermasalahkan bekerja di luar jurusan pendidikannya, asalkan ada kesempatan.

“Kalau harus yang sesuai jurusan pendidikan mungkin agak sulit. Kebanyakan juga menanyakan pengalaman kerja,” kata dia.

Pengunjung lainnya adalah Fatikhah. Sambil menunggu waktu wisuda, dia berharap bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Dengan begitu, dia bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah.

“Baru mau lulus, ini mau cari kerja, tapi sampai sekarang belum menemukan yang sesuai,” kata mahasiswi Penyiaran Islam di UIN Raden Mas Said tersebut.

Di sisi lain, kalangan perusahaan juga mengaku tidak mudah untuk mendapatkan tenaga kerja sesuai kebutuhannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya