SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.(Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO —  Gibran Rakabuming Raka yang kini jadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto, pernah terjun ke dunia bisnis meski tak semuanya berjalan lancar.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, 36, resmi diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) menjadi calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Deklarasi putusan itu disampaikan secara langsung oleh calon presiden yang sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di Kertanegara, Jakarta, Minggu (22/10/2023) malam.

Gibran terbilang baru di dunia politik. Sosoknya muncul di kancah perpolitikan Solo saat maju sebagai Cawali di Pilkada 2020. Diusung PDIP, Gibran berpasangan dengan Teguh Prakoso memenangi Pilkada 2020.

Di laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2020, tercatat Gibran sudah mempunyai kekayaan Rp21.152.810.130. Jumlah yang terbilang besar untuk ukuran pengusaha muda berusia 33 tahun.

Harta kekayaan Gibran menjadi Rp26.032.674.370 berdasarkan LHKPN 2022. Angka itu meningkat Rp4.879.864.240 kurun 2020 hingga 2022. Harta Gibran didominasi aset berupa tanah dan bangunan.

Sebelum terjun ke dunia politik Gibran merupakan seorang pengusaha dengan sederet bisnis. Berikut sederet bisnis Gibran sebelum terjun ke dunia politik yang tak semuanya sukses seperti dirangkum dari Bisnis.com dan sumber lain, Senin (23/10/2023):

1. Chilli Pari

Bisnis ini merupakan bisnis Gibran yang pertama didirikan pada 2010 dan beroperasi di Solo. Chilli Pari menggarap bisnis katering dan melayani paket untuk pernikahan dengan meni tradisional Jawa.

Namun, tak hanya itu, Chili Pari juga menawarkan menu makanan khas western, Itali, Jepang dan lainnya yang juga sudah dijamin halal. Selain menyediakan makanan, Chilli Pari juga akhirnya melebarkan sayap membuka bisnis Wedding Organizer, termasuk melayani sewa gedung pernikahan, dekorasi, rias pengantin, MC, undangan, hiburan, dan perlengkapan pernikahan lainnya.

2. iColor

Pada tahun yang sama, pada 2010, Gibran juga melakoni bisnis di bidang teknologi yaitu iColor yang melayani jasa service iPhone, iPad, Macbook, iMac dan segala pernak-pernik produk Apple dengan harga terjangkau.
Gibran membangun bisnis ini bersama dengan rekanya Adi Suryajaya dan berhasil membuka cabang di berbagai wilayah di Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Bandung, dan Surabaya.

3. Markobar

Bisnis makanan lainnya yang digeluti Gibran adalah Markobar (Martabak Kota Barat). Bisnis satu ini menjual martabak dan menjadi pelopor martabak kekinian dengan isian yang tak biasa dan moderen.

Bisnis ini dimulainya di Solo dan kini sudah menyebar di berbagai daerah terutama di Pulau Jawa seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan, Banjarmasin dan kota lainnya.

4. Pasta Buntel

Pasta Buntel yang digelutinya juga mengusung makanan bertema fusion, yakni pasta khas Italia menggunakan bumbu khas Indonesia.

Tak hanya menggunakan bumbu khas tradisional Indonesia seperti bumbu rendang, sambat matah, dan opor ayam, kemasan Pasta Buntel juga dibuat seperti makanan khas Indonesia, pepes, dengan dibungkus daun pisang yang kemudian dibakar. Namun entah bagaimana kabar bisnis kuliner ini sekarang. Berdasarkan pantauan di Instagram, Pasta Buntel terakhir aktif pada 2018 lalu.

5. Madhang Indonesia

Masih di bisnis makanan, Gibran juga memiliki bisnis kuliner Madhang Indonesia. Namun alih-alih menyajikan makanan dan minuman, ini adalah aplikasi pesan antar masakan rumahan. Bisnis ini dijalankan bersama sang adik, Kaesang Pangarep, yang juga sempat fokus menjalankan berbagai bisnis.

Madhang Indonesia dibuat dengan tujuan memajukan UMKM dan bisnis rumah tangga agar bisa dijangkau lebih banyak pelanggan tanpa harus memiliki restoran. Namun, bisnis ini kini sudah tidak berjalan, tergerus oleh layanan pesan antar yang dimiliki sejumlah aplikasi ojek online.

6. Goola

Bisnis kuliner lainnya milik Gibran adalah Goola, yang menyajikan menu es tradisional khas Indonesia seperti es doger, es kacang hijau, dan es gula aren, yang didirikan pada 2018. Bisnis ini dibangunnya bersama dengan rekannya Kevin Susanto dan sempat mendapatkan suntikan dana hingga Rp70 miliar dari Alpha JWS Ventures.

Mengunggah konten terakhirnya pada tahun 2020 lalu, bisnis milik Gibran ini tidak lagi terdengar gaung kampanye pemasarannya sejak saat itu.

Sebenarnya Goola telah secara resmi diserahkan pada Kaesang ketika Gibran menjabat Wali Kota Solo. Namun demikian Goola juga tidak lagi terdengar kabarnya, meski beberapa kali masih ditemukan produk Goola pada bundling produk bisnis Kaesang yang lain.

7. Siap Mas

Kembali berbisnis bersama sang adik, Kaesang Pangarep, Gibran membangun bisnis kuliner Siap Mas yang menjual berbagai jenis camilan dan minuman instan. Untuk camilan kripiknya diberi ama Kemripik yang terbuat dari olahan tepung terigu, dan diberi bumbu khas Indonesia seperti seblak Bandung, dan nasi goreng. Sementara itu, minuman instannya diberi nama Nge-Drink dengan varian seperti kacang ijo, jahe kacang, dan jahe susu.

8. Mangkokku

Bisnis milik chef ternama Arnold Poernomo ini juga ternyata mendapatkan suntikan modal dari Gibran. Mangkokku merupakan bisnis makanan rice bowl yang dibuka pada 2019 yang memiliki berbagai varian dari bumbu khas Indonesia hingga bumbu a la western dan Jepang. Mangkokku kini sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia dan cukup populer di kalangan anak muda di Indonesia dengan harga yang bersaing.

9. Tugas Negara Bos

Selain bisnis kuliner, Gibran juga memiliki bisnis di bidang konveksi. Melalui Tugas Negara Bos, Gibran meluncurkanjas hujan yang hadir dalam dua warna transparan dan hitam. Selain jas hujan, Tugas Negara Bos juga meluncurkan produk kaos dengan desain unik, dan seluruh produknya bisa dibeli secara online melalui marketplace.

10. Kerjaholic

Bisnis Gibran lainnya adalah Kerjaholic, yang berupa Start-up berupa aplikasi untuk mencari kerja. Bisnis yang dikembangkan bersama sejumlah rekannya Leonard Hidayat, Josh Chng, Michael, dan Daniel Hidayat, ini berfungsi menjadi penghubung antara pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan pekerja. Selain untuk mencari pekerjaan dan mencari pekerja, aplikasi ini juga bisa berfungsi menambah relasi bisnis dan bisa diakses hanya dengan menggunakan smartphone.

Itulah sederet bisnis milik Gibran yang saat ini maju sebagai Cawapres pendamping Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya