SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Lion Air. (lionair.co.id).

Solopos.com, SOLO — Rencana pembukaan penerbangan langsung Solo ke Madinah dengan Lion Air diharapkan tak hanya mendongkrak perjalanan ibadah umrah, namun juga mendorong pertumbuhan pariwisata di Soloraya.

Penasihat Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) Jateng, Daryono, mengapresiasi Lion Air yang telah menyiapkan penerbangan langsung tersebut.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dibukanya penerbangan langsung dari Semarang dan Solo ke Madinah bakal memberikan efek positif untuk pasar Solo dan sekitarnya.

“Khususnya untuk yang Solo, ini setidaknya akan menggaet pasar Solo dan sekitarnya. Harapan kami Semarang dan Solo akan saling melengkapi pasar yang ada,” kata dia kepada Solopos.com, Senin (24/7/2023).

Melalui pembukaan penerbangan langsung di Bandara Adi Soemarmo, menurutnya akan memudahkan masyarakat termasuk Jawa Timur bagian barat.

Sebagai pelaku wisata, dia juga berharap penerbangan yang mungkin awalnya didedikasikan untuk umrah, bisa juga berdampak pada pariwisata secara umum.

“Contoh, untuk inbound, bahwa potensi wisatawan Timur Tengah kan juga besar, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan destinasi wisata,” lanjut Daryono.

Menurutnya, Soloraya dan Jawa Tengah pada umumnya  memiliki sejumlah destinasi dengan suasana dingin. Misalnya seperti Selo di Boyolali atau kawasan di Karanganyar.

Begitu juga dari sisi outbound, bisa dimanfaatkan. Mengingat saat ini Timur Tengah juga sedang mengembangkan wisatanya.

Lebih dari itu, penerbangan langsung yang dikembangkan nanti tidak hanya berdampak di sisi pariwisata. Potensi ekonomi kreatif diharapkan juga akan terangkat.

Sebab dengan terhubungnya dua destinasi secara langsung akan membuka kesempatan untuk menawarkan potensi yang ada, termasuk ekonomi kreatif.

“Kami juga berharap pemerintah daerah proaktif, bagaimana berkontribusi sesuai kapasitas masing-masing, memahami bandara ini untuk mempromosikan wilayah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya