SOLOPOS.COM - Ilustrasi SPBU. Pembelian Solar Subsidi menggunakan quick response code atau QR Code di wilayah Jawa Tengah dan DIY diwajibkan per pekan depan. (Istimewa/Pertamina).

Solopos.com, SOLO — Pembelian Solar Subsidi di wilayah Soloraya harus menggunakan quick response code atau QR Code program My Pertamina mulai pekan depan.

Berdasarkan siaran pers yang dikirim kepada Solopos.com, penggunaan QR Code program My Pertamina dimulai dari Kota Solo dan Karanganyar per Kamis (26/1/2023), kemudian Boyolali dan Klaten per Senin (30/1/2023).

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Namun, tak hanya Soloraya, uji coba full cycle pada Kamis (26/1/2023) juga akan dilakukan di 13 kota dan kabupaten di Jawa Tengah.

Lokasi tersebut di antaranya Kabupaten Batang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Demak, Kabupaten Magelang, Kabupaten Pati, Kabupaten Pemalang, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, serta Kabupaten Wonosobo. Serta 3 kabupaten dan kota di DIY yaitu Kabupaten Bantul, Kabupten Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta.

Selanjutnya uji coba Senin (30/1/2023) dilakukan di 12 wilayah Kabupaten dan Kota Jawa Tengah yaitu Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Blora, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal, Kabupaten Klaten, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Rembang, Kota Salatiga, Kabupaten Sragen, Kabupaten Temanggung, dan Kota Magelang. Sementara, 2 kabupaten lainnya di wilayah DIY yaitu Kabupaten Gunung Kidup dan Kabupaten Sleman.

Sebelumnya diberitakan, langkah tersebut merupakan bagian dari uji coba full cycle (penerapan program subsidi tepat secara menyeluruh) yang dilakukan PT Pertamina Patra Niaga di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Setelah sebelumnya full cycle sudah diterapkan di Kabupaten Cilacap, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Jepara per tanggal 1 Desember 2022 serta Kabupaten Banyumas, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kudus, Kabupaten Kebumen, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, serta Kabupaten Sukoharjo per tanggal 26 Desember 2022, penambahan penerapan full cycle di seluruh wilayah Provinsi Jateng dan DIY diharapkan dapat meningkatkan penyaluran BBM khususnya Solar yang tepat sasaran,” kata Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Resposibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Jateng, Brasto Galih Nugroho melalui siaran pers, Rabu (18/1/2023).

Jika belum terdaftar, masyarakat bisa akses Program Subsidi Tepat lewat situs subsiditepat.mypertamina.id.

Kode QR akan diterima masyarakat lewat email atau notifikasi di situs tersebut jika sudah terdaftar. Masyarakat bisa mencetak atau menangkap tampilannya untuk digunakan di SPBU Pertamina.

Pelanggan yang sudah terdaftar bisa langsung scan barcode untuk membeli Biosolar saat pelaksanaan uji coba full cycle. Pengisian Solar Subsidi dibatasi 60 liter per hari per kendaraan perseorangan (pribadi) roda 4.

Kendaraan penumpang atau barang roda 4 maksimal membeli Biosolar 80 liter per hari. Pembelian paling banyak adalah 200 liter per hari untuk kendaraan penumpang atau barang roda 6 dan selebihnya. Aturan ini mengacu pada SK BPH Migas No. 04 tahun 2020.

Mekanisme ini masih dikhususkan untuk kendaraan roda 4 atau lebih.

“Saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus dibuka. Konsumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diunggah melalui website yaitu Foto KTP, Foto Diri, Foto STNK (tampak depan dan belakang), Foto Kendaraan tampak keseluruhan, Foto Kendaraan tampak depan Nomor Polisi dan foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR,” ujar Brasto.

Sebagai informasi, ketentuan untuk pengguna yang berhak membeli BBM Subsidi telah diatur sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

Selain itu juga terdapat Surat Keputusan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Nomor 04/P3JBT/BPH Migas/Kom/2020 tentang Pengendalian Penyaluran JBT oleh Badan Usaha Pelaksana Penugasan Pada Konsumen Pengguna Transportasi Kendaraan Bermotor untuk Angkutan Orang atau Barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya