SOLOPOS.COM - Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Solo saat memberikan penghargaan kepada KGPAA Mangkunegara X beberapa waktu lalu. (Istimewa/Hipmi Solo).

Solopos.com, SOLO — Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Solo memberikan penghargaan kepada KGPAA Mangkunegara X (MNX) karena telah membawa Pura Mangkunegaran menjadi destinasi wisata paling banyak dikunjungi atau viral sepanjang 2022.

Pemberian penghargaan ini masuk dalam rangkaian road to Muscab IX Hipmi Solo yang akan berlangsung pada 4 Februari mendatang.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Ketua Umum Hipmi Solo Guruh Adi Novianto Bersama dengan segenap jajaran pengurus dan panitia Muscab IX Hipmi Solo menyerahkan penghargaan tersebut pada Mangkunegara X di Pracima Tuin, Kamis (26/1/2023).

Guruh menyampaikan, penghargaan terebut sebagai wujud apresiasi dari Hipmi pada tokoh yang menjadi contoh bagi generasi muda baik di Solo maupun di Indonesia.

“Penghargaan pada Mangkunegara X yang telah membawa Mangkunegaran ke kancah regional, nasional bahkan hingga internasional. Dan juga, Mangkunegara X selalu menginspirasi anak-anak muda dan membawa Mangkunegaran menjadi destinasi favorit dan viral di Indonesia sepanjang tahun 2022,” ungkap Guruh dilansir dari rilis yang dikirimkan kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Mendapat penghargaan tersebut, Gusti Mangku X menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan dari Hipmi Solo tersebut.

“Saya sampaikan terima kasih pada teman-teman Hipmi atas apresiasi dan penghargaan atas apa yang telah kami lakukan di Pura Mangkunegaran selama 1 tahun terakhir ini. Apa yang kita capai semua berproses. Ini masih tahap awal, dengan segala proses yang masih panjang kedepannya,” tutur Mangkunegara X.

Namun yang paling penting, lanjut Mangkunegara X adalah bagaimana Mangkunegaran bisa terus berkontribusi bagi Solo.

“Berkontribusi untuk meningkatkan kegiatan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi di Kota Solo. Bagaimana bisa turut mendukung masyarakat dalam kegiatan kebudayaan. Karena kebudayaan itu milik bersama , bukan hanya milik segelintir kelompok. Bagaimana amanah ini untuk merawat dan mengembangkan, memperkenalkan dan meleastrikan kebuadayaan adalah tanggung jawab kita bersama. Jadi apapun yang kita usahakan atau capai adalah hasil kita bersama,” ungkap Mangkunegara X.

Mangkunegara X berharap khususnya pada Hipmi Solo agar bisa terus berkolaborasi, sinergi dalam satu tujuan yang sama untuk melanjutkan kegiatan kebudayaan, pariwisata, dan perekonomian di Solo.

“Harapannya apa yang kita lakukan ini membawa dampak yang baik, dampak yang positif untuk masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Organizing Committee Muscab IX Hipmi Solo, Jimmy Sugiarto, mengatakan KGPAA Mangkunegara X merupakan sosok anak muda yang inspiratif.

KGPAA Mangkunegara X berhasil membuat Mangkunegaran menjadi tempat yang indah sehingga menjadi destinasi viral di Indonesia.

“Jadi kita sebagai warga Solo turut bangga karena punya destinasi wisata Pura Mangkunegaran yang sekelas di Eropa,” kata dia.

Sebelumnya, Hipmi Solo juga memberikan penghargaan kepada Kaesang Pangarep yang berhasil membawa Persis Solo menuju Liga 1. Penghargaan juga diberikan pada seniman keroncong Endah Laras.

“Mbak Endah Laras ini membawa musik keroncong itu sampai nasional bahkan internasional. Mba Endah Laras pernah menyanyi di Swiss, event World Economic Forum. Itu membanggakan sekali bagi warga Solo. Sehingga budaya-budaya kami yang luar biasa indah ini bisa sampai ke level internasional,” ungkap Jimmy.

Ketua Steering Committee Muscab IX Hipmi Solo Sadrah Sumariyarso menambahkan, agenda road to Muscab selanjutnya adalah pelaksanaan debat calon ketua umum Hipmi Solo.

“Menuju Muscab kami masih ada satu agenda yakni debat calon ketua umum yang akan berlangsung pada Jumat (27/1/2023). Akan ada 3 panelis yakni dari perwakilan pemerintah, dari akademisi UNS dan ketiga dari praktisi pebisnis,” pungkas Sadrah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya