SOLOPOS.COM - Tokopedia (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Tokopedia, e-commerce milik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO)  menaikan biaya jasa aplikasi dari sebelumnya Rp1.000 menjadi Rp 2.000 sampai dengan Rp3.000. Adapun, induk perusahaannya, GoTo menargetkan dapat mencapai profitabilitas pada akhir 2023.

Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan alasan naiknya biaya aplikasi ini merupakan penyesuaian ini merupakan kebijakan perusahaan demi memberikan dampak positif secara jangka panjang. “Meski kami tidak dapat menyampaikan rencana bisnis ke depan, yang dapat kami sampaikan adalah penyesuaian ini merupakan kebijakan perusahaan demi memberikan dampak positif secara jangka panjang,” ujar Ekhel, Rabu (3/5/2023).

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Baru-baru ini pun, salah satu komisaris GOTO Agus Martowardojo, menyampaikan pihaknya optimis dapat mencapai profitabilitas akhir 2023. Agus menyampaikan GOTO akan fokus pada pencapaian profitabilitas dan tetap tumbuh, tetapi dengan pertumbuhan yang berkualitas.

Menariknya, Tokopedia sudah mengenakan biaya jasa aplikasi sebesar Rp1.000 per transaksi sejak 1 Agustus 2022. Pada awal 2023, Tokopedia menaikkan biaya admin untuk layanan untuk kategori produk terjual dan bebas ongkir. Alhasil dalam rentang waktu 9 bulan, Tokopedia sudah menaikan biaya jasa aplikasi tiga kali.

Tokopedia pun menekankan, per 2 Mei 2023, pengguna bisa melihat penyesuaian biaya layanan maupun biaya jasa aplikasi melalui berbagai kanal resmi seperti halaman pembayaran saat check-out dan invoice setelah melakukan pembayaran. Adapun rincian terkait penyesuaian biaya tersebut, pertama, penyesuaian biaya layanan sebesar Rp1.000 untuk setiap transaksi dengan metode pembayaran virtual account.

Kedua, penyesuaian biaya jasa aplikasi untuk setiap transaksi produk fisik dengan nominal Rp0-Rp1.000.000 dikenakan biaya jasa aplikasi Rp2.000, sedangkan transaksi di atas Rp1.000.000 dikenakan biaya jasa aplikasi Rp3.000. “Biaya jasa aplikasi tidak berlaku untuk transaksi produk keuangan, produk digital, fitur beriklan TopAds, zakat dan donasi, kecuali transaksi pembulatan emas atau donasi dan pulsa yang disertakan dalam pembelian produk fisik,” jelas Ekhel.

Sebelumnya diberitakan, platform belanja online Shopee juga melakukan penyesuaian biaya admin isi saldo (top-up) ShopeePay per awal Mei 2023. Cek detailnya! Mengutip pengumuman di laman resmi Shopee, Senin (1/5/2023), platform marketplace berwarna oranye itu melakukan penyesuaian biaya admin terhadap tujuh metode pembayaran. “Mulai tanggal 1 Mei 2023 akan ada penyesuaian biaya isi saldo ShopeePay melalui Debit Instan, transfer bank [virtual account], dan juga merchant,” demikian pengumuman yang dikutip dari laman resmi Shopee, Selasa (2/5/2023).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Biaya Jasa Tokopedia Naik Jadi Rp3.000, Bantu GOTO Biar Untung?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya