SOLOPOS.COM - Ilustrasi bijih aluminium yang terbuat dari bahan dasar bauksit. (Freepik).

Solopos.com, SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan larangan ekspor bauksit mulai Juni 2023. Berikut adalah empat lokasi tambang bauksit di Indonesia.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat cadangan bauksit Indonesia mencapai sekitar 4 persen atau sekitar 1,2 miliar ton dari total cadangan global yaitu 30,3 miliar ton. Angka ini sudah cukup menempatkan Indonesia sebagai negara dengan cadangan bauksit terbesar ke-6 di dunia seperti dilansir dari Bisnis.com.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Adapun cadangan bauksit di Indonesia diperkirakan akan habis sekitar 92 tahun ke depan dengan pertimbangan tidak ada penambahan smelter baru sejak 2020. Setidaknya terdapat empat lokasi tambang bauksit terbesar di Indonesia.

Selain Indonesia, negara lainnya seperti Guinea memiliki cadangan bauksit 24 persen, Australia 20 persen. Cadangan bauksit global lainnya tersebar di Vietnam sebesar 12 persen, Brasil 9 persen, dan Jamaika 7 persen.

Baca Juga: Dilarang Mulai Juni 2023, Ekspor Bauksit Ternyata Meroket 5 Tahun Terakhir

Dilansir dari Dunia Tambang, setidaknya terdapat empat lokasi tambang bauksit di Indonesia. Berikut merupakan daftarnya.

  1. Riau

Bauksit yang dikenal sebagai biji aluminium banyak terdapat di Riau, lebih tepatnya Pulau Bintan dan Pulau Bulan. Bauksit di daerah Riau ini, produksinya telah masuk ke pasar Internasional.

  1. Sumatra Utara

Kota Pinang, Sumatra Utara, merupakan lokasi tambang bauksit kedua di Indonesia. Pemanfaatan bauksit ini dapat diolah menjadi material utama pembuatan perabot rumah tangga, dan lainnya.

Baca Juga: Ekspor Dilarang Mulai 2023, Ini Daftar Konglomerat Bauksit di Indonesia

  1. Bangka Belitung

Prospek penggalian dan penambangan bauksit di provinsi ini cukup luas, seperti pada kawasan Sigembir.

  1. Kalimantan Barat

Provinsi yang dilalui garis khatulistiwa serta beriklim tropis ini menjadi salah satu lokasi tambang bauksit yang ada di Indonesia. Tambang bauksit di provinsi ini berlokasi di kawasan Munggu Besar, Sandai, Balai Berkuah, Mebukung, dan Pantus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya