SOLOPOS.COM - Ilustrasi KRL. (Ilustrasi/Solopos Dok).

Solopos.com, SOLO —  Pengguna perjalanan KRL Commuter Line diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19 mulai, Senin (12/6/2023).

Hal itu disampaikan VP Corporate Secretary KA Commuter Anne Purba, melalui rilis yang dikirimkan kepada Solopos.com, Senin (12/6/2023).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Seluruh pengguna KRL juga dianjurkan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat, terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.

KAI Commuter memberlakukan syarat dan ketentuan pengguna Commuter Line sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 17 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang Dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi Covid-19

Namun demikian, untuk kesehatan bersama KAI Commuter tetap mengimbau kepada seluruh pengguna untuk tetap memakai masker dengan baik dan benar selama perjalanan maupun di area stasiun agar terhindar dari penyebaran virus-virus penyakit lain.

Terlebih bila pengguna dalam keadaan tidak sehat atau berisiko Covid-19 seperti sedang batuk dan flu.

KAI Commuter juga tetap mengajak kepada seluruh pengguna untuk tetap menerapkan Protokol kesehatan dan pola hidup sehat, dengan tetap membawa hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala terutama jika telah bersentuhan dengan benda-benda yang digunakan secara bersamaan.

Demi menjamin kesehatan para penggunanya, KAI Commuter secara rutin melakukan pembersihan setelah rangkaian kereta selesai berdinas.

Pembersihan juga dilakukan oleh petugas On Trip Cleaning Service selama di dalam perjalanan kereta. Hal tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan perjalanan Commuter Line yang sehat, aman, dan nyaman.

KAI Commuter mengharapkan kerja sama seluruh pengguna Commuter Line untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat di perjalanan maupiun di area stasiun.

Diharapkan dengan terus menerapkan protokol kesehatan dan prilaku hidup sehat, kita bisa menciptakan transportasi yang sehat, aman dan nyaman serta terus bisa terus bergerak produktif.

KAI Commuter mengimbau dan mengajak kepada seluruh pengguna untuk senantiasa menjalankan aturan dan syarat naik commuterline yang sudah ditetapkan agar perjalanan bisa lebih aman, sehat, dan nyaman.

Hindari pemberangkatan di jam-jam sibuk pagi dan sore hari. Informasi Jadwal pemberangkatan, posisi real time kereta dan kepadatan di stasiun dapat dilihat melalui aplikasi C-Access.

Penumpang Stabil

Pada masa Transisi Endemi COVID 19, pengguna Commuter Line di Wilayah 6 Yogyakarta juga dilaporkan relatif stabil dengan menjalankan relasi Commuter Line Yogya – Palur PP dan Commuter Line Prameks PP.

Berdasarkan data volume pengguna Commuter Line Yogya-Solo untuk bulan Mei tercatat 551.772 orang sedangkan Commuter Line Prameks 76.756 orang.

Selama pelaksanaan GAPEKA 2023 mulai, Kamis-Minggu (1-11/6/2023) KAI Commuter Wilayah 6 melayani pengguna sebanyak 220.096 orang.

Data Commuter Line Yogya-Solo sebanyak 196.662 orang dan Commuter Line Prameks 23.434 orang.

Hingga pukul 12.00 WIB data KAI Commuter mencatat jumlah pengguna Commuter Line Yogya-Solo 5.614 orang dan Commuter Line Prameks 966 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya