SOLOPOS.COM - Ilustrasi BI. (Istimewa/ www.bi.go.id).

Solopos.com, JAKARTA — Survei dari Bank Indonesia (BI) menunjukkan simpanan nasabah seperti tabungan, giro, hingga deposito atau dana pihak ketiga (DPK) di perbankan akan melejit pada kuartal IV/2023.

Berdasarkan Survei Perbankan Triwulan III 2023 dari BI, penghimpunan DPK pada kuartal IV/2023 diperkirakan meningkat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Kondisi ini diprediksi bakal terjadi meski bank sentral telah mengerek bunga acuan BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) ke level 6% pada pertemuan Dewan Gubernur pekan lalu.

Peningkatan tersebut terlihat dari saldo bersih tertimbang (SBT) pertumbuhan DPK sebesar 93,7%, lebih tinggi dibandingkan 55% pada kuartal sebelumnya.

“Pertumbuhan DPK yang meningkat diprakirakan terjadi pada seluruh jenis kategori instrumen, yakni giro, tabungan, dan deposito,” tulis BI dalam survei tersebut yang dipublikasikan, dikutip Minggu (22/10/2023).

Secara rinci, nilai SBT simpanan giro mencapai 42,5%, tabungan 88,5%, dan deposito 66,4%. Seiring dengan hasil survei BI, bank-bank memang tengah menggenjot raupan simpanan dari nasabah mereka.

BI juga mencatat pertumbuhan DPK sampai dengan akhir 2023 diprakirakan masih tinggi. Hal ini tecermin dari SBT prakiraan penghimpunan DPK tahun 2023 yang tercatat positif sebesar 93,7%, lebih tinggi dibandingkan SBT 82,1% pada tahun sebelumnya.

Adapun, berdasarkan data BI, pertumbuhan DPK perbankan hingga September 2023 telah mencapai 6,54% secara tahunan (year-on-year/yoy) pada September 2023.

Prediksi akan moncernya penghimpunan pendanaan di perbankan sejalan dengan upaya bank-bank dalam meraup DPK.

PT Bank Panin Tbk. (PNBN) misalnya menggelar program undian berhadiah rutinnya tahun ini, yakni Panin Super Bonanza 2023-2024 untuk menarik minat nasabah menyimpan dana di bank.

Pada program tersebut Bank Panin menebar undian hadiah berupaya total 20 unit Mercedes-Benz A200 dan total uang tunai Rp38 miliar.

Presiden Direktur PaninBank Herwidayatmo mengatakan program undian masih mempunyai daya tarik yang besar dari masyarakat.

Alhasil, bank-bank pun mengandalkan program undian berhadiahnya untuk menarik minat masyarakat menggunakan layanan perbankan.

“Tiap bank punya program yang spesifik. Tentunya ini [undian berhadiah] yang diharapkan nasabah tiap tahunnya,” ujar Herwidayatmo dalam peluncuran Panin Super Bonanza 2023-2024 pada pekan lalu (5/10/2023) di Jakarta.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) menggelar program Danamon Hadiah Beruntun tahun ini yang menawarkan undian hadiah mobil Tesla Model 3 dan Mercedes-Benz C 200 untuk menarik minat nasabah.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Bank Indonesia Naikkan Bunga Acuan, Survei: Simpanan Nasabah di Bank Pada Akhir Tahun Akan Melejit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya