SOLOPOS.COM - Kursi penonton bioskop terlihat diberi tanda silang untuk menjaga jarak antara penonton saat masa pandemi Covid-19 di Studio Bioskop Cinema XXI, Solo Paragon Lifestyle Mall, Solo, Jumat (12/3/2021). (Solopos.com-Nicolous Irawan).

Solopos.com, SOLO — Cukup mudah mencari profil pemilik pelopor bioskop di Tanah Air yang biasa disebut Cinema XXI atau Bioskop XXI.

Dilansir dari Bisnis.com, pemilik Bioskop XXI masih kerabat dengan Presiden Kedua RI Soeharto. Pemilik Bioskop XXI yakni Sudwikatmono yang merupakan sepupu mendiang Presiden Soeharto.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Ayah Soeharto bernama Kertosudiro memiliki saudara wanita yang menikahi ayah Sudwikatmono, yakni Rawi Prawirodiharjo.

Bioskop XXI berada di bawah naungan Nusantara Sejahtera Raya yang beroperasi sebagai Cineplex 21 Group.

Sudwikatmono merupakan inisiator berdiri sekaligus pemilik awal Cineplex 21 Group yang di dalamnya ada Bioskop XXI.

Cineplex 21 Group merupakan jaringan bioskop di Indonesia dengan empat merek terpisah, yakni Cinema XXI, The Premiere, Cinema 21, dan IMAX untuk target pasar berbeda.

Sudwikatmono kemudian bekerja sama dengan Benny Suherman dan Harris Lesmana pada 21 Agustus 1987.

Saat beranjak Sudwikatmono atau biasa disebut dengan Dwi pernah bercita-cita menjadi tentara.

Demi mengejar cita-citanya tersebut, dia bahkan rela meninggalkan bangku kuliah di Universitas Gadjah Mada. Hal itu diketahui dari selebaran riwayat hidup Dwi yang dibagikan keluarga di rumah duka beberapa tahun lalu.

Dwi sempat lulus seleksi penerimaan calon Kadet TNI Angkatan Laut, namun orang tua tak mengizinkannya menjadi tentara. Gagal jadi tentara, Dwi pun memilih buat jadi juru tulis di sebuah perusahaan shipping.

Dari situlah, karier profesional Sudwikatmono makin cemerlang. Pada 1960 salah satu pemilik Bioskop XX ini pindah ke PN Jaya Bhakti yang bergerak di bidang perdagangan dan ekspor-impor.

Di perusahaan tersebut, Dwi dipercaya menangani bisnis tersebut.

Selama masa itulah, berbagai perusahaan besar berhasil dipimpin oleh Sudwikatmono, mulai dari PT Indocement Prakarsa Tbk, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Bogasari Flour Mills, dan Indika Group.

Mengenai bisnis perfilman, Dwi mulai merintis pada tahun 1970-an, dengan memulai produksi film serta mengimpor film Mandarin bekerja sama dengan dua bersaudara Bambang Soetrisno dan Benny Suherman.

Secara singkat, perusahaan dari hulu ke hilir yang banyak tersebut berhasil memonopoli perfilman di Indonesia secara vertikal.

Hal itu yang kemudian membuat pemilik Bioskop XXI ini dikenal sebagai “raja sinepleks” nasional. Sayangnya, setelah krisis ekonomi 1997-1998, berbagai kerajaan bisnis Dwi diterjang hutang yang cukup besar.

Melansir situs Variety 500, Dwi kemudian menyerahkan banyak asetnya dan menjual sahamnya kepada pihak lain. Seperti yang dirinya lakukan pada bisnis utamanya di bidang perfilman dan bioskop kepada Benny Suherman dan Harris Lesmana.

Bisnis-bisnis yang dikelola oleh Sudwikatmono jadi landasan kuat anak-anaknya untuk mengikuti jejak kesuksesan ayahnya.  Terbukti, putranya Agus Lasmono masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia yang kini jadi pemilik NET TV.

Rencana IPO

Pada akhir 2022 lalu, Cinema XXI dengan pemilik keluarga Cendana ini menjadi sorotan. Operator jaringan bioskop terbesar di Indonesia tersebut dikabarkan tengah mempertimbangkan rencana Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang kemungkinan akan berlangsung pada 2023.

Namun hingga bulan ini belum ada kabar terbaru mengenai IPO Cinema XXI.

Melansir dari Bloomberg pada Desember 2022 lalu, lewat penjualan saham IPO, perusahaan yang dikenal dengan nama 21 Cineplex tersebut berpotensi meraih dana sekitar US$500 juta sampai US$1,1 miliar atau setara Rp17,17 triliun.

Bioskop Cinema XXI dengan pemilik pertama Sudwikatmono itu memang telah berkembang pesat.  Saat ini telah memiliki 1.216 layar di 226 bioskop di seluruh Indonesia. Bahkan, perusahaan ini berencana menambah 2.000 layar dalam lima tahun kedepan.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Mengenal Sudwikatmono, Sosok Pendiri Cinema XXI Jaringan Bioskop di Tanah Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya