SOLOPOS.COM - Ilustrasi antrean kendaraan di jalan tol. (Solopos.com-Antara/I.C. Senjaya)

Solopos.com, SEMARANG — Perjalanan via jalan tol di ruas Semarang-Solo dari Ungaran ke Bawen sepanjang sekitar 16 km pada Rabu (19/4/2023) memakan waktu sekitar 2 jam walau sudah diberlakukan one way. Lamanya waktu tempuh disebabkan padatnya arus lalu lintas pada musim mudik Lebaran 2023 ini.

Pantauan Solopos.com yang menyusuri jalan tersebut, perjalanan dari pintu gerbang tol Ungaran dimulai sekitar pukul 19.00 WIB. Di pintu gerbang tol tersebut saat itu dipenuhi kendaraan yang mengantre melintasi loket/gerai pembayaran elektronik.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Lepas pintu masuk, kendaraan hanya bisa melaju dengan cara merayap, meskipun telah diberlakukan one way. Pasalnya ruas jalan arah timur tersebut dipadati kendaraan-kendaraan dari berbagai jenis dan ukuran.

Sesekali arus lancar, namun di beberapa titik arus kembali melambat bahkan merayap. Situasi ini berlangsung beberapa kali sehingga kendaraan sampai di kawasan pintu Gerbang Tol Bawen sekitar pukul 21.00 WIB.

Sementara itu, selepas Bawen, arus lalu lintas diberlakukan normal (two way) dan arus lalu lintas berjalan lancar. Sebelumnya diberitakan, Kepolisian Daerah Jawa Tengah atau Polda Jateng mulai menerapkan skema lalu lintas one way lokal dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga Simpang Susun (SS) Bawen, Rabu (19/4/2023). Hal itu dilakukan menyusul semakin padatnya arus kendaraan yang melintas dari GT Kalikangkung sejak Rabu siang.

Pantauan Solopos.com, arus lalu lintas di GT Kalikangkung terpantau padat merayap. Terlihat antrean kendaraan untuk melintas di GT Kalikangkung.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho, mengatakan kepadatan arus lalu lintas di GT Kalikangkung sudah mencapai 3.200 kendaraan dalam 1 jam. Tak hanya itu, tingkat kepadatan arus dari arah barat dinilai sudah cukup banyak sehingga diperlukan one way lokal untuk memecah arus atau antrean di gerbang tol.

“Ini sedang proses (one way lokal), 10 menit lagi akan kita buka. Kita perpanjang sampai KM 442,” kata Kombes Pol Agus seusai melakukan persiapan one way lokal di GT Kalikangkung Semarang.

Kendati dibuka sampai Bawen, bila arus lalu lintas masih padat dan merambat panjang, Dirlantas akan memperpanjang one way lokal itu hingga ke Salatiga. Sebab, pihaknya memprediksi jika pada tanggal 19 April 2023 ini menjadi puncak arus mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya