SOLOPOS.COM - Ilustrasi motor listrik. (Ilusrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menilai wacana pemerintah memberikan subsidi untuk motor listrik tidak serta-merta bakal mendongkrak penjualan.

“Tergantung subsidinya seberapa besar ya,” kata Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala, seperti dilansir Bisnis, Jumat, (23/12/2022). Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang, sempat melontarkan wacana untuk memberikan insentif pembelian motor listrik baru sebesar Rp8 juta dan motor listrik konversi sebesar Rp5 juta.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Kendati demikian, Badan Anggaran (Banggar) DPR RI menyatakan anggaran untuk insentif untuk kendaraan listrik tidak ada dalam APBN 2023. Dengan begitu, besaran subsidi untuk kendaraan listrik masih belum final dan perlu diselesaikan di internal pemerintah dan DPR.

Selain subsidi, Sigit mengatakan ada faktor penentu lainnya yang dapat mendongkrak penjualan motor listrik. Salah satunya yakni ketersediaan infrastruktur Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Sebagaimana diketahui, sebagian besar motor listrik yang dijual di Indonesia menggunakan sistem penukaran baterai atau battery swap. Menurutnya pemerintah perlu memperhatikan faktor kenyamanan konsumen pengguna motor listrik. “Faktor kenyamanan buat konsumen juga menjadi penentu ya, seperti ketersediaan infrastruktur [SPBKLU],” ujarnya.

Baca Juga: Begini Penjelasan Jokowi terkait Rencana Pemberian Insentif Kendaraan Listrik

Dikutip laman resmi Kementerian ESDM, hingga November 2022, fasilitas pendukung untuk sistem penukaran baterai motor listrik atau SPBKLU baru ada 961 unit di 961 lokasi yang tersebar di berbagai provinsi. Artinya, tiap lokasi hanya memiliki satu fasilitas SPBKLU. Sementara itu, AISI mengungkap penetrasi penjualan motor listrik di Indonesia hingga kuartal III/2022 tembus sekitar 28.000 unit.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Subsidi Bisa Dongkrak Penjualan Motor Listrik? Ini Kata AISI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya