SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang kereta api di Solobalapan, Solo. (Istimewa/KAI).

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (Persero) melengkapi fasilitas pintu dengan teknologi pengenal wajah (face recognition boarding gate) di Stasiun Solo Balapan, Jawa Tengah.

Dikutip Antaranews.com, Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (25/11/2023), mengatakan kali pertama pemasangan pintu pengenal wajah pertama kali dilakukan di Stasiun Bandung pada 28 September 2022.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Disusul sejumlah kota lain seperti Stasiun Malang, Yogyakarta, dan Gambir. Hingga saat ini total ada sembilan stasiun yang telah memiliki fasilitas tersebut, yakni di Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang, Solo Balapan, Gambir, Cirebon, Surabaya Pasar Turi, dan Semarang Tawang Bank Jateng.

Face recognition boarding gate ini bertujuan untuk mempermudah pelanggan KA jarak jauh yang ingin naik kereta api, tanpa perlu repot-repot menunjukkan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, ataupun KTP,” katanya.

Proses registrasi face regocnition dapat dilakukan baik melalui aplikasi Access by KAI maupun langsung di stasiun. Untuk di stasiun, menurut dia proses registrasi dapat dilakukan pada mesin check-in counter (CIC) atau melalui petugas layanan khusus di stasiun.

“Proses ini tidak dapat diwakili, cukup membawa e-KTP proses registrasi dapat langsung dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada perangkat reader, kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader,” katanya.

Pelanggan yang tidak dapat melakukan proses registrasi karena tidak memiliki e-KTP, seperti misalnya pelanggan anak atau e-KTP dalam keadaan rusak dapat melakukan registrasi melalui petugas layanan yang tersedia.

Ia mengatakan untuk pendaftaran dengan cara ini hanya perlu dilakukan sekali dan berlaku sampai dengan satu tahun.

“Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Pelanggan dapat langsung menuju ke face recognition boarding gate jika waktu untuk boarding sudah dapat dilakukan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya