SOLOPOS.COM - Dalam Perayaan Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah Nasional Tahun 2023 di Pura Mangkunegaran Solo belum lama ini, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta hadir mengusung Rumah BUMN Gunungkidul. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kiprah PLN untuk terus mendorong kemajuan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) nasional salah satunya terwujud melalui Rumah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) PLN yang tersebar di segala penjuru negeri.

Dalam Perayaan Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah Nasional Tahun 2023 di Pura Mangkunegaran Solo, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta hadir mengusung Rumah BUMN Gunungkidul.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Tidak kurang sebanyak 12 produk UMKM binaan PLN diboyong dalam pameran yang berlangsung pada Kamis-Minggu (10/13/8/2023) tersebut.

Puluhan pengunjung memadati stand booth PLN tiap harinya dari masyarakat hingga tokoh masyarakat. Salah satunya adalah Valentino Jebret yang antusias memborong produk UMKM PLN.

Publik figur yang terkenal dengan teriakan jebretnya ini menyampaikan produk UMKM binaan PLN bagus dan sangat menarik.

“Produk UMKM binaan PLN ini bagus-bagus dan bahkan ada yang limited edition, mudah2an binaan PLN semakin produktif dan kreatif,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting yang juga datang berkunjung di booth UMKM binaan PLN tak kalah antusias dengan memborong beberapa produk batik Premium Brakity dari Pekalongan.

Batik yang bernaung di bawah Rumah BUMN Gunungkidul PLN dan terkenal dengan produk limited edition ini selalu diburu karena eksklusifitasnya, pasalnya pembuatan satu produk batik bisa memakan waktu hingga 1 tahun.

“Kami mendukung keikutsertaan Rumah BUMN dalam pameran ini dengan variasi aneka produk yang menarik dan dari sini kita bisa melihat karya UMKM oke lho,” kata Loto Srinaita.

General Manager PLN UID Jawa Tengah dan DIY, Soffin Hadi menuturkan Pameran UMKM ini menjadi ajang untuk mendukung pengembangan UMKM serta mengenalkan berbagai produknya lebih luas. Menurut dia, hal ini membuktikan PLN tak hanya berkomitmen pada kelistrikan tetapi juga memberikan dukungan bagi UMKM untuk bisa mandiri secara ekonomi.

“PLN berkomitmen hadir bagi masyarakat, tidak hanya dengan pelayanan kelistrikan yang andal namun juga program Tanggung Jawab Sosial. Melalui Rumah BUMN Gunungkidul, sejak tahun 2017 PLN turut mengelola 1.641 UMKM terdaftar,” ujar Soffin.

Rumah BUMN PLN merupakan rumah bersama untuk berkumpul, belajar, dan membina para pelaku usaha yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan UMKM agar menjadi UMKM Indonesia yang unggul dan berkualitas melalui program pelatihan, workshop, konsultasi bisnis, pendampingan usaha, pameran, serta pemasaran.

Selain itu dalam acara bertajuk “Transformasi UMKM Masa Depan” ini PLN mengusung program andalan PLN Mobile yang memberikan fasilitas Marketplace bagi UMKM. Dengan item tersebut masyarakat dapat melakukan transaksi dengan UMKM binaan PLN melalui aplikasi PLN Mobile.

Soffin mengungkapkan PLN secara serius menggarap UMKM yang menjadi mitra binaannya dari mulai mengupayakan pembinaan UMKM supaya naik kelas melalui Rumah BUMN hingga tercetus marketplace yang muncul dalam aplikasi PLN Mobile.

“Marketplace merupakan salah satu fitur dalam aplikasi PLN Mobile, yang menampung produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti kerajinan tangan, fashion, serta makanan dan minuman binaan PLN. Diharapkan dengan ini UMKM dapat lebih berkembang secara nasional,” ujar Soffin.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) saat mengunjungi stan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta dalam Perayaan Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah Nasional Tahun 2023 di Pura Mangkunegaran Solo belum lama ini. (Istimewa)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) saat mengunjungi stan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta dalam Perayaan Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah Nasional Tahun 2023 di Pura Mangkunegaran Solo belum lama ini. (Istimewa)

Lebih lanjut, PLN memberikan diskon spesial bagi pelanggan melalui program promo “Gebyar Kemerdekaan 2023”. Pelanggan PLN akan mendapatkan voucer tambah daya dengan harga spesial Rp170.845 setelah melakukan satu kali transaksi di marketplace PLN Mobile minimal Rp78.000.

Program promo ini diberlakukan bagi pelanggan semua golongan tarif daya 450 volt ampere (VA) sampai 4.400 VA dengan pilihan daya akhir maksimal 5.500 VA. Promo berlaku sejak 1 Agustus 2023 hingga 31 Agustus 2023.

Adapun ketentuan umum bagi mereka yang ingin mendapatkan promo ini, sebagai berikut:

1. Pelanggan berbelanja pada Marketplace PLN Mobile minimal Rp78.000 untuk mendapatkan voucer tambah daya dengan harga spesial Rp170.845.

2. Pelanggan mengajukan permohonan melalui aplikasi PLN Mobile

3. Sudah menjadi pelanggan PLN sebelum tanggal 1 Agustus 2023

4. Pelanggan membayar promo biaya penyambungan untuk tambah daya layanan Gebyar Kemerdekaan 2023 dan penyesuaian UJL dicicil sebanyak 12 kali dengan pembayaran cicilan pertama pada rekening listrik bulan berikutnya (untuk layanan Pascabayar).

5. Tidak memerlukan perluasan jaringan, tidak ada perubahan fasa serta tanpa migrasi layanan dari Prabayar ke Pascabayar atau sebaliknya.

6. Proses penyambungan oleh PLN ke pelanggan, dengan mempertimbangkan instalasi pelanggan.



7. Masa berlaku layanan pada 1-31 Agustus 2023 atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

8. Setiap 1 user PLN Mobile hanya berhak mendapatkan 1 kali voucer tambah daya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya