SOLOPOS.COM - Tiket pesawat Solo-Jakarta disebut-sebut mahal. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, JOGJA  — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan pemerintah menambah jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi pesawat menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sandiaga kepada awak media di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (12/11/2023), menyebutkan upaya penambahan penerbangan itu demi menstabilkan harga tiket pesawat.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Dengan penambahan jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi itu maka suplai akan bertambah, dan di Nataru (Natal dan tahun baru) kami harapkan harga (tiket pesawat) stabil dan terjangkau,” kata Sandiaga di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu seperti dilansir Antara.

Sandiaga mengatakan sejumlah maskapai seperti Garuda, Citilink, Batik Air, Lion Air, Super Air Jet, hingga Air Asia telah menambah penerbangan.

“Termasuk yang baru-baru seperti Trans Nusa dan maskapai baru yang mulai di akhir 2023 atau 2024 mulai melayani rute-rute yang favorit untuk wisatawan,” kata dia.

Menurut Sandiaga, tidak sedikit wisatawan yang menyikapi masih tingginya harga tiket pesawat dengan beralih menggunakan transportasi darat.

Dia memperkirakan sekitar 80 persen wisatawan libur Natal dan tahun baru mendatang memakai transportasi darat.

“Ini justru peluang bagi destinasi seperti di Yogyakarta, Bandung, Bromo, Tengger, Semeru, dan Jawa-Bali karena bisa dijangkau dengan jalur darat,” kata dia.

Sandiaga meyakini pergerakan wisatawan nusantara selama momen Natal dan tahun baru bakal meningkat sehingga target kunjungan wisatawan nusantara tahun ini bakal tercapai.

“Kami juga menyiapkan destinasi-destinasi dan pola-pola perjalanan sehingga Nataru ini akan membawa wisatawan yang masif,” ujar Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya