SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Rata-rata lama menginap (RLM) wisatawan tidak naik signifikan meski di Kota Solo dibanjiri banyak event. Berdasarkan rilis resmi data Badan Statistik Nasional (BPS) Kota Solo, RLM seluruh tamu hotel bintang pada September 2023 tercatat 1,45 hari.

Angka ini hanya niak 0.01 dari bulan sebelumnya yakni 1,44 hari. Berdasarkan catatan Solopos.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menggelar event hampir setiap hari selama September 2023. Event yang berlangsung tanpa putus itu untuk mendukung Solo menjadi kota kreatif dunia.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Solo, Mirza Ananda, mengatakan alasan RLM tidak naik sigifikan lantaran para wisatawan memilih day trip atau kunjungan satu hari ke Kota Solo.

Meski begitu, dia menilai Pemkot sudah memulai event malam hari agar menarik minat wisatawan untuk menginap di Solo, termasuk mengadakan wisata malam di koridor Gatsu-Ngarsopuro dan Stadion Mahanahan yang sudah dibuka untuk olahraga malam.

“Mungkin karena berdekatan juga dengan Jogja, maka banyak juga yang ke Solo untuk day trip terus nginepnya ke Jogja lagi. Itu banyak,” kata dia.

Dia mengatakan guna meningkatkan rata-rata lama menginap perlu memperbanyak lebih banyak lagi event organik di malam hari. Event organik yang dia maksud adalah acara rutin setiap hari yang bisa dinikmati masyarakat.

“Setiap hari itu ada apa di Solo pada malam hari yang menarik minat wisatawan untuk mau stay di Solo,” kata dia.

Data BPS

Kepala BPS Solo, Ratna Setyowati mengatakan rata-rata lama menginap tamu domestik di hotel bintang yang terlama pada hotel bintang 4 dan bintang 5 yaitu 1.66 hari. Sedangkan rata-rata lama menginap yang terendah terjadi pada hotel bintang 2, yaitu 1.27 hari.

Meski begitu, Ratna menyebut rata-rata menginap wisatawan luar negeri lebih lama dibanding wisatawan lokal. Tercatat turis asing menginap di Solo dua sampai tiga hari.

“Rata-rata lama menginap tamu asing di hotel bintang pada September 2023 mencapai 2.51 hari, mengalami kenaikan 0,09 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” kata dia dalam jumpa pers di Kantor BPS Solo, Rabu (1/11/2023).

Dia menyebut para turis asing tersebut rata-rata lama menginap terlama di hotel bintang 2 yang mencapai 3,03 hari dan terendah terjadi pada hotel bintang 3 yaitu 1,96 hari.

Kalender event yang dicatat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo sepanjang September 2023

Gebyar Pasar Rakyat Kota Solo (Sekaten 2023) di Alun-alun Utara 8 September hingga 8 Oktober 2023

Persembahan dari Solo di Pura Mangkunegaran, Minggu 17 September 2023.

Serira- Atraksi Tempa Keris di Museum Keris Nusantara 22 September 2023

The Story of Centhini di Museum Radya Pustaka 28 September 2023

Solo Batik Fashion XV – Big Size Koridor Jl Gatot Subroto 29-30 September 2023

Solo Is Solo (Street Art Market) di Koridor Jl Gatot Subroto  setiap Jumat dan Sabtu pukul 18.00 WIB

Ngarsapura Night Market di kawasan Ngarsapura pukul 18.00 WIB

Solo Art Market di Selasar Ngarsapura setiap Minggu pertama dan Minggu ketiga pukul 09.00-21.00 WIB

Wayang Orang Sriwedari di Gedung Wayang Orang Sriwedari Senin-Sabtu pukul 19.00 WIB

Atraksi Prajurit Keraton Solo di Kori Kamandungan Keraton Solo setiap Sabtu 16.00 WIB

Ketoprak Sriwedari di Gedung Graha Wisata Niaga setiap Jumat pukul 20.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya