SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemasan kuliner. (Freepik).

Solopos.com, SOLO — Layanan rumah kemasan atau packaging bakal dibangun di Pusat Layanan Umum Terpadu Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT-KUMKM), Kompleks Solo Techno Park (STP), Jebres, Solo pada tahun ini.

Rencananya layanan baru ini bisa digunakan oleh pelaku UMKM mulai September 2023.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Kepala Dinas Koperasi Usaha, Kecil, dan Menengah dan Perindustrian (Dinkop UKM Perin), Wahyu Kristina menjelaskan layanan rumah kemasan merupakan alokasi dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Layanan rumah kemasan ini senilai Rp1,7 miliar, namun masih dalam tahap pembangunan dengan target selesai pada September nanti. Rumah kemasan tersebut bakal berisi mesin-mesin packaging yang dibutuhkan para UMKM.

“Nanti harapannya bisa dimanfaatkan oleh UMKM yang di Solo sehingga kalau butuh mengemas baik plastik atau kertas bisa dilakukan. Dengan biaya yang murah, jadi nanti bisa mengurangi biaya produksi,” ujar Ina saat ditemui Solopos.com di Solo Techno Park pada Selasa (25/7/2023).

Layanan ini bisa diakses secara gratis pada masa trial selama setahun. Selain adanya fasilits mesin packaging, aneka pelatihan juga bakal digelar. Misalnya, lanjut Ina, pelatihan kemasan agar menyesuaikan dengan kemasan produk sesuai standar.

Koordinator Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM, Teguh Wiji Setyahadi menyampaikan sejauh ini pendampingan pelaku usaha PLUT-KUMKM meliputi akses pembiayaan dengan cara advokasi dan pendampingan jasa keuangan.

Dengan cara memberikan fasilitas akses pembiayaan, advokasi bagi koperasi simpan pinjam (KSP) dan lembaga keuangan mikro (LKM), dan fasilias linkage.

Kemudian sektor produksi yang berkaitan dengan akses bahan baku, peningkatan diversifikasi produk dan kualitas produk meliputi standarisasi, sertifikasi, kemasan, merek, akses produksi tersebut juga termasuk pendampingan aplikasi teknologi.

Pemasaran juga termasuk lingkup layanan PLUT-KUMKM, yaitu infomasi pasar, fasilitasi akses pasar termasuk ekspor, promosi dan jaringan pemasaran.

Selanjutnya pendampingan, sumber daya manusia (SDM) berupa pelatihan atau pendampingan, akses magang, kerja sama atau diklat atau pendampingan dengan swasta.

Terakhir, layanan kelembagaan, berupa koperasi, kemitraan, klaster, fasilitasi, perizinan dan investasi, dan advokasi peraturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya