SOLOPOS.COM - Banyak perusahaan yang juga melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.Hal itu akan mendapat apresiasi SBBI 2023. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO— Aktivitas suatu perusahaan tidak semata hanya memproduksi suatu barang atau jasa kemudian menjualnya. Banyak perusahaan yang juga melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

Pada program Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Awards 2023, Solopos Media Group (SMG) juga akan menangkap hal itu dengan memberikan penghargaan khusus melalui kategori Social Value Award.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Mengutip dari Bisnis.com, CSR merupakan bentuk pertanggungjawaban yang dilakukan suatu perusahaan kepada semua pihak yang ada di dalamnya dengan melaksanakan sebuah program yang memiliki manfaat.

Berdasarkan peraturan UU PT dan PP 47/2012, besaran dana CSR tidak spesifik, sesuai dengan kebijakan perusahaan. Meski begitu, biaya CSR wajib tetap dikeluarkan, diperhitungkan dan dianggarkan oleh perusahaan sesuai dengan kepatutan dan kewajaran. Hal itu tercantum dalam UU 40/2007 pasal 74 ayat 2.

Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Award 2023 akan hadir dengan memberikan tiga model penghargaan.
Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Award 2023 akan hadir dengan memberikan tiga model penghargaan.

Jika melihat sisi manfaat, bagi lingkungan hidup suatu perusahaan diminta tidak hanya mengejar keuntungan dalam jangka waktu tertentu, tetapi harus aktif berkontribusi terhadap kualitas lingkungan melalui dana CSR perusahaan. Sedangkan manfaat bagi perusahaan terkait, ketika nama perusahaan terbentuk baik di mata masyarakat, maka proses branding juga akan lebih mudah, terutama jika target masyarakat yang merasakan CSR berskala nasional, seperti beasiswa sepak bola, pendirian sumur di daerah kering dan sebagainya.

Manfaat program CSR bagi pemerintah, dapat mendukung program-program pemerintah terkait kemajuan bangsa dan negara. CSR disebut sebagai aksi sosial yang dilakukan oleh perusahaan terhadap masyarakat. Oleh sebab itu, CSR perusahaan hadir membantu pemerintah dalam menangani berbagai masalah sosial seperti pencemaran lingkungan, kemiskinan, pengangguran, pendidikan dan sebagainya.

Kemudian CSR juga memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar perusahaan. Misalnya dengan memperhatikan kenyamanan dan keamanan warga sekitar. Selain itu, CSR perusahaan juga bisa diwujudkan dengan menyerap tenaga kerja dari warga di lingkungan perusahaan.

Ketua Terpilih Hipmi Solo, Respati Ardi, menyampaikan CSR perusahaan biasanya akan disesuaikan dengan skala perusahaannya. CSR tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban untuk lingkungan dan masyarakat. Bisa juga CSR akan berdampak pada brand awareness perusahaan itu sendiri. Namun menurutnya perusahaan-perusahaan yang memang punya niat baik, itu tidak melihat brand awareness dari CSR yang dilakukan.

“Kalau CSR masih dikaitkan dengan apa yang dia jual, atau kembali lagi untuk nilai ekonomis, menurut saya itu kurang ikhlas,” kata dia. Dia berpendapat, CSR yang paling bagus adalah yang tidak ada nilai keekonomian dari perusahaan terkait.
Seksi Riset Panitia SBBI Award 2023, Sholahuddin, mengatakan penghargaan kategori Social Value Award akan diberikan kepada perusahaan yang concern melakukan praktik baik pada kegiatan bisnisnya yang berdampak pada nilai-nilai sosial (social value).

“Pada kategori ini Solopos Media Group [SMG] akan memberikan penghargaan kepada 11 perusahaan,” kata dia.
Penghargaan pada kategori Best Digital Performance dan Social Value Award merupakan penghargaan baru yang baru diberikan pada ajang SBBI Award tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya