SOLOPOS.COM - BBM Subsidi Pertalite. (Daihatsu.co.id)

Solopos.com, JAKARTA — International Monetary Fund (IMF) mendorong Indonesia hanya menyalurkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat miskin dan rentan. Langkah pengurangan subsidi itu dinilai akan menolong negara melewati ancaman krisis energi pada tahun depan dengan aman.

Kristalina memperkirakan bahwa pada tahun depan harga energi masih akan tertahan cukup tinggi. Bahkan, terdapat risiko krisis energi yang perlu diwaspadai, jika perang Rusia dan Ukraina tak kunjung berhenti.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Menurutnya, Indonesia harus turut mewaspadai tingginya harga energi karena dapat berpengaruh terhadap perekonomian negara. Salah satunya berkaitan dengan subsidi. Indonesia sendiri memberi subsidi BBM, liquid petroleum gas (LPG), dan listrik.

“Pesan penting bagi pemerintah adalah untuk mengidentifikasi siapa pihak paling rentan di masyarakat, berikan dukungan kepada mereka, bukan kepada semua orang,” ujar Kristalina dalam wawancara bersama Kompas TV usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 seperti dilansir Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Sisa 1,6 Juta Pekerja Belum Dapat BSU Tahap 7, Cek Data Penerima Via Pospay

Dia menegaskan orang kaya seharusnya tidak menikmati subsidi karena merupakan pengecualian dalam kebijakan fiskal itu. Di Indonesia, subsidi BBM dan LPG disalurkan secara terbuka sehingga orang kaya tetap bisa membeli barang bersubsidi.

Kristalina pun menyarankan agar negara mengizinkan adanya perubahan pasar untuk mengantisipasi risiko krisis energi global. Pemerintah kemudian perlu memberikan sinyal kepada produsen dan konsumen untuk lebih hemat energi.

“Jika kita mencoba menekan harganya, kita bisa menjaga harganya tetap rendah, tetapi yang ada justru kita mendorong konsumsi untuk meningkat. Lebih tinggi konsumsi berarti lebih banyak tekanan untuk harga kembali naik,” kata Kristalina.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ancaman Krisis, Bos IMF Minta Indonesia Batasi Subsidi BBM hingga Energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya