SOLOPOS.COM - Seat first class double decker Rosalia Indah. (Istimewa/Rosalia Indah).

Solopos.com, SOLO — Sleeper bus merupakan moda transportasi darat yang sedang ramai diminati.

Salah satunya yakni karena fasilitas yang mirip seperti hotel berjalan, dilengkapi kursi yang memanjang hingga membuat penumpang bisa berbaring sekaligus beristirahat saat perjalanan jauh.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Bagi penumpang yang berasal dari Solo atau menuju Solo, sleeper bus terbukti menjadi salah satu kendaraan yang menawarkan kenyamanan.

Penumpang merasa nyaman karena dengan Rp280.000 mereka sudah mendapatkan fasilitas yang lebih baik daripada kereta api kelas eksekutif dengan harga dua kali lipat.

Salah satu penumpang sleeper bus adalah Suryana, ia baru saja membeli tiket untuk keberangkatan dari Terminal Tirtonadi menuju Terminal Pulo Gebang Jakarta.

Bagi pria yang bekerja sebagai karyawan swasta di Jakarta ini, sleeper bus memberikan alternatif kenyamanan dengan harga terjangkau.

“Kalau dulu lebih sering naik kereta api terus turun di Stasiun Balapan setiap mau ke Solo. Cuman karena sekarang ada sleeper bus, lebih milih naik ini karena jadwal yang lebih fleksibel sama lebih murah dibandingkan kereta api. Fasilitasnya juga lengkap dari TV, ada colokan buat alat elektronik, sudah mirip hotel berjalan,” ulasnya kepada Solopos.com Senin (6/1/2023).

Menurutnya, fasilitas yang ada di sleeper bus cukup lengkap, selain itu waktu yang ditempuh oleh sleeper bus juga tidak jauh berbeda dengan kereta api. 

“Jadwalnya beda-beda, ada yang berangkat Pukul 07.30 WIB, ada yang Pukul 16.30 WIB, jadi semua range jadwalnya tersedia. Kalau dipikir waktu tempuh juga enggak beda, naik sleeper bus karena full jalan tol Jakarta-Solo paling sekitar delapan atau sembilan jam. Kalau kereta api bisa empat sampai enam jam,” tambahnya.

Harga juga menjadi pertimbangan bagi Suryana untuk memilih sleeper bus. Baginya, dengan harga kurang dari Rp400.000 ia sudah mendapatkan layanan yang prima dan bisa beristirahat dengan nyaman saat perjalanan.

“Misalkan naik kereta api itu kadang dapet kursi yang enggak nyaman, belum lagi kalau sedang penuh bisa umpek-umpekan, kalau naik sleeper bus jelas nyaman, di perjalanan bisa istirahat jadi sampai tujuan itu lebih fresh kalau mau beraktivitas,” tambahnya.

Pengalaman tidak jauh berbeda dirasakan Anna Dwita, perempuan yang berkuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) ini bercerita saat ditemui Solopos.com, memilih menggunakan sleeper bus dari Jakarta menuju Solo.

Alasannya, harga yang murah dan fasilitas yang cukup lengkap

“Saya naik sleeper bus Rosalia Indah yang turun di Jalan Solo-Sragen, jadi kalau mau lanjut ke kosan lebih dekat. Kalau dari segi harga jelas lebih murah dibandingkan kereta api, sama jadwalnya juga enak ada yang pukul 07.00 WIB, ada yang pukul 14.00 WIB sama pukul 20.00 WIB,” tegasnya.

Dengan harga ekonomis dan fasilitas yang lebih baik, membuat Anna tidak berpikir ulang untuk memilih menggunakan sleeper bus dibandingkan kereta api atau bus non-ekonomi. Selain itu, ia merasa lebih aman saat melakukan perjalanan di malam hari.

“Kadang kalau naik bus yang berangkat malam itu ada takutnya juga kalau diapa-apain, kalau naik kereta api semakin kesini semakin mahal. Sedangkan naik sleeper bus lebih enak, bisa istirahat tidur-tiduran sepanjang perjalanan tanpa khawatir apalagi dengan harganya enggak sampai Rp300.000, buat saya pas,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya