SOLOPOS.COM - Ilustrasi smart city (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Solo menjadi salah satu kota di Indonesia yang mengembangkan smart city. Sejauh ini ada enam fokus dalam pengembangan Solo Smart City.

Dalam fokus membangun Smart Governance, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bekerja sama dengan PT Telkom dalam penyediaan jaringannya.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Kepala Diskominfo SP Kota Solo, Heny Ermawati, menyampaikan dalam mendukung pengembangan Solo Smart City, Pemkot Solo telah berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dari PT Telkom.

“Ada beberapa yang didukung PT Telkom, khususnya dalam hal jaringan. Kerja sama ini sudah berjalan sejak 2018 sampai saat ini,” kata dia, Selasa (27/6/2023).

Selain itu, kerja sama dengan PT Telkom juga dilakukan terkait pajak. Dikutip dari https://telkom.co.id, Pemkot Solo juga bekerja sama dalam hal penyediaan layanan e-Pajak Solo Destination. Layanan tersebut memberikan manfaat bagi pemerintah daerah, khususnya dalam hal peningkatan kualitas pengelolaan keuangan dan aset.
“Khusus dari [dinas] kami, ada dua hal itu yang kerja sama dengan Telkom,” lanjut dia.

Namun dia mengatakan jika Solo Smart City tidak melulu soal digitalisasi. Setidaknya ada enam fokus yang dijalankan di dalamnya. Keenam fokus tersebut di antaranya smart governance, smart branding, smart ekonomi, smart living, smart society, dan smart environment.

Untuk Smart Governance, Pemkot Solo berupaya mewujudkan pemerintahan yang melayani publik, birokrasi yang transparan dan tidak rumit bagi masyarakat. Heny mengatakan saat ini Pemkot Solo juga telah mengembangkan 130 website dan sekitar 150 aplikasi untuk mendukungnya.
Pengembangan Smart City setidaknya telah dirasakan oleh warga Kota Solo, salah satunya Widyastuti, warga Nusukan, Banjarsari.

Sebagai Ketua RT di lingkungannya, dia sering berurusan dengan dengan administrasi atau data kependudukan warga. Dengan dukungan jaringan Internet yang bagus tugasnya membantu warga lebih cepat dan tuntas.

“Koordinasi dan sosialisasi program-program dari Pemkot lebih cepat tersampaikan kepada warga. Termasuk ketika ada kendala, langsung bisa dikoordinasikan dan cepat dicarikan solusinya,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya