SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Solo, Kamis (9/3/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani mendadak mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta, Kamis (9/3/2023) sore.

Presiden Jokowi datang bersama rombongan tepat Pukul 15.15 WIB, mengenakan kemeja berwarna putih dengan setelan celana hitam.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Ia turun dan langsung berkeliling lantai satu KPP Pratama Solo dan melihat para wajib pajak mengantre untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).

Dalam kunjungannya, Jokowi menyebut adanya peningkatan pelapor SPT Tahunan, yakni sebanyak 6,6 juta wajib pajak (WP) sudah melaporkan SPT 2022 yang kemudian dilaporkan tahun 2023.

“Secara nasional, dibanding tahun lalu pada tanggal yang sama dulu 5,4 juta yang melaporkan SPT tahunan, tahun ini sudah 6,6 juta WP. Artinya sudah ada kenaikan yang menyampaikan SPT lebih awal, dan ini merupakan hal yang positif,” jelas Jokowi kepada wartawan.

Selain itu, Jokowi juga mengaku terkejut dengan banyaknya WP yang mengantre secara langsung di KPP Pratama Solo. Padahal untuk mengisi SPT bisa dilakukan secara daring dengan mengisi e-filing di laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

“Sore hari ini saya datang ke KPP Pratama Solo untuk mengecek secara langsung penyampaian SPT tahun 2023. Saya kaget karena yang antre masih banyak padahal bisa e-filing dari rumah, ternyata memang WP ingin memastikan yang diisi itu benar baru melakukan pembayaran,” tambah Jokowi.

Jokowi juga mengaku sudah melapor SPT pribadinya sejak beberapa waktu lalu. “Saya pribadi sudah menyampaikan SPT lewat e-filing dari hari Senin kemarin,” ucapnya sambil menunjukkan e-filing miliknya.

Ayah dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ini berharap, para wajib pajak bisa mengisi SPT dan membayar pajak tepat waktu.

“Jadi kami harapkan seluruh wajib pajak segera menyampai SPT nya paing lambat 31 maret 2023, karena penerimaan negara dari pajak kami harapkan bisa untuk subsidi BBM, listrik, pupuk, dana desa, Bantuan Sosial (Bansos), membangun jalan, membangun pelabuhan dan memperbaiki jalan itu semua dari pajak,” tegasnya.

Presiden Jokowi kemudian meninggalkan KPP Pratama Solo tepat Pukul 16.00 WIB. Terpisah, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menjelaskan, hingga Februari 2023, penerimaan negara dari pajak secara total naik hingga 40 persen.

“Kami sangat senang masyarakat melakukan pembayaran pajak dengan baik. Secara total sampai dengan Februari, ada peningkatan mencapai 40 persen, nanti akan kami rilis datanya melalui press conference minggu depan,” ucapnya.

Kebumen

Dilansir dari kanal resmi kepresidenan, setkab.go.id Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya melakukan kunjungan kerja di Jawa Tengah, Kamis (09/03/2023).

Menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, Presiden tiba di Bandar Udara (Bandara) Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar pukul 08.00 WIB.

Tampak menyambut kedatangan Presiden yakni Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta istri, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono beserta istri, Kapolda DIY Irjen Pol. Suwondo Nainggolan beserta istri, dan Danlanud Adi Sutjipto Marsma TNI Dedy Susanto beserta istri.

Dari bandara tersebut, Presiden langsung menuju lokasi panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Selepas itu, Presiden beranjak menuju Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) yang berlokasi di Desa Plesung, Karangrejo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen untuk meresmikannya.

Selanjutnya, Kepala Negara diagendakan mengunjungi Pasar Petanahan untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang.

Setelahnya, Presiden kembali ke Bandara Internasional Yogyakarta untuk kemudian lepas landas menuju Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Bandara Internasional Yogyakarta yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Di sela-sela kunjungan kerja tersebut Presiden Jokowi rupanya menyempatkan mampir ke KPP Pratama Solo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Kamis sore meski hanya sebentar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya