SOLOPOS.COM - Pengawas Satuan Pelaksana (Wassatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Bandiyono, saat wawancara, Senin (18/3/2024). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SOLO — Terminal Tipe A Tirtonadi Solo bersiap menyambut para pemudik pada momen Lebaran 2024. Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Bandiyono, mengaku mulai mempersiapkan sarana dan prasarana untuk para pemudik. Pihaknya juga siap menyambut penumpang dari program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), dan Pemprov DKI Jakarta.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Kami juga mendukung adanya program mudik gratis, ada tiga yang sudah memberikan informasi ke kami. Satu dari Kemenhub, kedua dari Pemprov DKI Jakarta, yang ketiga dari Pemprov Jabar,” terang Bandiyono saat ditemui Solopos.com, Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, pada Senin (18/3/2024).

Bandiyono mengaku siap menghadapi angkutan Lebaran, baik dari persiapan sarana dan prasarana yang mulai diperbaiki. Menurut Bandiyono, Pemprov Jabar menyiapkan 15 bus untuk mudik gratis, sementara dari Pemprov DKI Jakarta menyediakan 45 bus.

“Kalau untuk Kemenhub masih menyesuaikan calon pendaftar. Khusus untuk Solo, ada 45 bus dan 15 bus tadi dan belum termasuk dari Kemenhub. Kalau untuk floating kemarin itu paling tinggi di Terminal Wonofiri, ada 55 bus dari DKI Jakarta,” kata dia.

Pihaknya memprediksi puncak arus mudik bakal terjadi mulai 6 April 2024 dan puncak arus balik diprediksi pada 14 April 2024. Tahun sebelumnya, Bandiyono mencatat sirkulasi penumpang di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo sebanyak 12.000 dalam sehari.

Dia mengaku juga menyiapkan posko khusus angkutan Lebaran 2024 serta berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk memastikan makanan dan minuman di kios-kios di terminal tidak dalam keadaan kadaluarsa.

Selain itu adanya beragam fasilitas baru juga diharapkan menambahkan kenyamanan penumpang. Misalnya pihaknya menyediakan Pojok Baca Digital dan Taman Edukatif Lalu Lintas Portable.

Kementerian Perhubungan menyelenggarakan program angkutan mudik gratis pada Lebaran 2024. Program ini digelar untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

“Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” ucap Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, melalui keterangannya di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Adita mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor mengingat potensi bahaya kecelakaan yang sangat tinggi. Ia berharap masyarakat dapat menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis untuk pulang kampung pada Lebaran 2024.

“Kami tidak bosan-bosannya juga mengimbau masyarakat agar seyogyanya tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena berpotensi tinggi terjadi kecelakaan. Kami berharap masyarakat mudik menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini,” ujar Adita sebagaimana dilansir Antara.

Kemenhub menginformasikan program mudik gratis tersedia melalui jalur darat, laut, serta kereta api, yang digelar di beberapa titik simpul transportasi. Untuk jalur darat, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program mudik gratis sepeda motor dengan bus dan truk.

Pendaftaran program mudik gratis 2024 untuk sepeda motor dengan bus dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat yang direncanakan pada 5 Maret-3 April 2024. Pada arus mudik dan balik tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor.

Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5 April-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 14 dan 15 April 2024.

Kemudian untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut mengadakan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, yang dijadwalkan pada 3-17 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya