SOLOPOS.COM - Ilustrasi lowongan kerja (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Kabar gembira bagi pencari kerja baik lulusan SMA maupun sarjana di Soloraya. Mereka bisa memanfaatkan bursa kerja atau Job Fair Expo 2023 yang diikuti sekitar 40 perusahaan di Solo Grand Mall (SGM) pada 13-14 Juni.

Bursa kerja terbesar di Soloraya itu digelar di mini atrium lantai 3 SGM. Para pencari kerja bisa menyiapkan beragam dokumen administrasi untuk melamar pekerjaan. Misalnya, surat lamaran kerja, currriculum vitae (CV), fotokopi ijazah dan kartu tanda penduduk (KTP) dan lain sebagainya. Dokumen administrasi itu wajib dibawa ketika hendak melamar pekerjaan di perusahaan yang mengikuti job fair.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Public Relations Solo Grand Mall, Irenika Kusumaningrum, mengatakan Job Fair Expo 2023 membuka peluang bagi para pencari kerja di Soloraya. Ada sekitar 40 perusahaan yang menawarkan peluang karir di berbagai posisi. “Ada ratusan lowongan kerja yang ditawarkan dalam job fair. Termasuk manajemen SGM yang membuka peluang karier di posisi staf marketing, teknisi, dan administration officer,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Senin (12/6/2023).

Perusahaan swasta yang membuka lowongan kerja dalam job fair antaran lain BTPN Syariah, Kondang Motor, Mitra 10, Bank Mega, Cimory, dan Panggung Motor. Ada pula beberapa perusahaan besar seperti Rosalia Indah, Alfamidi, JNT Express hingga Kawan Lama Group.

Perusahaan-perusahaan tersebut membuka kesempatan karir menyesuaikan kebutuhan dan posisi yang lowong. “Seluruh perusahaan yang mengikuti job fair merupakan coorporate swasta. Ini kesempatan dan peluang bagus bagi para pencari kerja karena puluhan perusahaan membuka lowongan kerja secara serentak,” ujar dia.

Para pencari kerja di Soloraya bisa terfasilitasi lantaran tidak dipungut biaya alias gratis. Mereka hanya perlu menyiapkan dokumen administrasi saat hendak melamar pekerjaan sesuai skill dan kompetensi.

Apabila dokumen administrasi dinyatakan lengkap, mereka langsung mengikuti proses wawancara oleh human resource development (HRD) perusahaan. “Proses wawancara dilakukan di setiap stan masing-masing perusahaan. Event ini bertujuan memfasilitasi pencari kerja sekaligus mengurangi angka pengangguran di Soloraya,” papar dia.

Lebih jauh, Irenika menyampaikan para pencari kerja bisa mengisi registrasi secara online untuk keperluan pemberkasan dokumen administrasi melalui web resmi www.jobfair.co.id. Dia menargetkan jumlah peserta job fair lebih dari 2.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya