SOLOPOS.COM - Petugas tengah melakukan pemeliharaan jaringan listrik di kawasan Candi Prambanan. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG–PT PLN (Persero) menggencarkan pemeliharaan jaringan listrik pada 3 bulan terakhir di pengujung tahun 2023 ini. Tak kurang dari 13.227 titik pekerjaan pemeliharaan dilakukan untuk 55.174 kilometer sirkuit (kms) jaringan listrik Tegangan Menengah (TM).

Selain itu PLN juga melakukan pemeliharaan di 150 titik krusial dari 6.600 kms jaringan listrik Tegangan Tinggi (TT) dan Ekstra Tinggi (TET) di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi, menjelaskan pentingnya langkah preventif berupa pemeliharaan jaringan listrik ini.

“Selain gerak cepat untuk penanganan korektif jika terjadi gangguan listrik, kami juga melakukan serangkaian langkah preventif dan pencegahan seperti sesi pemeliharaan jaringan listrik kali ini,” jelasnya yang dikutip Kamis (14/2/2023).

Ia menjelaskan pemeliharaan jaringan listrik merupakan serangkaian kegiatan mulai dari pengecekan/asesmen jaringan listrik, pemotongan pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik, pembersihan jaringan dari material asing seperti benang layang-layang, kain, spanduk, pemeliharaan jaringan listrik dilaksanakan dengan metode Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), maupun pemeliharaan preventif lainnya yang bertujuan untuk penguatan keandalan jaringan.

Soffin menambahkan kegiatan pemeliharaan dilaksanakan secara menyeluruh pada 13 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan yang membawahi wilayah kerja 40 kota/kabupaten.

Selain merupakan langkah preventif untuk menanggulangi gangguan pada cuaca ekstrem musim penghujan, ia menyampaikan langkah ini juga dilaksanakan agar perayaan Natal dan Tahun Baru di bulan Desember ini berjalan dengan khidmat dan lancar.

“Kami terjunkan 4.085 personel teknis yang tersertifikasi untuk menjaga keandalan pasokan listrik Natal dan Tahun Baru ini. Untuk daya mampu listrik di Jateng dan DIY sendiri masih sangat aman dengan 7.705 MW, pemakaian beban puncak di 5.248 MW dan masih ada cadangan daya sebesar 2.457 MW. PLN berkomitmen untuk memberikan layanan listrik yang andal dan aman selama masa perayaan Natal dan Tahun Baru.” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya