SOLOPOS.COM - Tokopedia. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Kenaikan biaya jasa aplikasi Tokopedia dikeluhkan oleh pengguna marketplace, Gielang Bina.

Kepada Solopos.com, dia mengeluhkan tambahan biaya jasa aplikasi sebesar Rp2.000 yang menurutnya sama saja dengan biaya layanan dari marketplace tersebut.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Biasanya dulu biaya layanan saja Rp1.000, sekarang harus ada jasa aplikasi Rp2.000 padahal bedanya apa aku tidak tahu, belum lagi kalau mengisi gopay kena biaya Rp1.000, juga ada garansi Rp1.000, total bisa Rp5.000 untuk tambahan biaya-biaya itu, menurutku tidak ekonomis,” papar Gielang, Rabu (3/5/2023).

Gielang juga membandingkan biaya tambahan Tokopedia dengan Shopee. Menurutnya, biaya layanan di Shopee sudah termasuk biaya garansi dan setelah dia hitung, total biaya tambahan di Shopee hanya sebesar Rp2.000 saja.

Menurut dia, pengguna akan cenderung bermigrasi ke e-commerce yang lebih menguntungkan. Hal tersebut dia katakan karena Gielang mengaku sering pindah dari satu e-commerce ke e-commerce yang lain untuk mencari harga yang lebih ekonomis.

Gielang mengaku, dulunya dia sering menggunakan Shopee lalu berpindah ke Tokopedia karena promo gratis ongkos kirim (ongkir) di Tokopedia untuk pembelian barang dengan nominal di atas Rp50.000, tetapi belakangan ini dia kembali aktif menggunakan Shopee untuk berbelanja online.

Kedua e-commerce itu menjadi pilihan baginya karena lengkap dan paling ekonomis untuk dirinya yang berstatus fresh graduate dan memiliki penghasilan belum seberapa.

Dia kurang berminat untuk pindah ke e-commerce selain Tokopedia maupun Shopee karena paling terbiasa dengan kedua aplikasi tersebut.

Gielang juga berpendapat pengaturan tambahan biaya dari Tokopedia dan Shopee ini membuat banyak pengguna kesal karena sudah banyak yang dimanjakan dengan biaya murah dari kedua layanan tersebut dan menciptakan gaya hidup baru.

Pengguna e-commerce lainnya, Dwi Saputro, kesal dengan aturan penambahan biaya di Shopee dan Tokopedia.

Dwi yang selama ini tinggal di Wonogiri merasa Shopee dan Tokopedia menjadi alternatif bagi keluarganya untuk membeli produk-produk elektronik tanpa harus pergi ke pusat kota ataupun ke Kota Solo.

“Keduanya juga rutin memberi potongan ongkir, sangat membantu bagiku. Kalau biayanya naik begini aku harap ada perbaikan lagi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan lewat insentif bagi pengguna atau diskon belanja lebih besar,” papar Dwi.

Data yang dihimpun Solopos.com menunjukkan bahwa ada kenaikan biaya top up Shopeepay dari berbagai platform pembayaran. Tarif lama pengisian Shopeepay dari BCA OneKlik dan BRI Direct Debit yang bebas biaya admin kini menjadi Rp1.000.

Sementara pengisian lewat Virtual Account (VA) Mandiri, BSI, Bank Permata, dan bank lainnya yang tarif awalnya Rp500 menjadi Rp1.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya