SOLOPOS.COM - Ilustrasi Paylater. (Istimewa).

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah bank terus meningkatkan layanan digital khususnya pada mobile banking. Setelah BCA dan Bank Mandiri yang menyediakan paylater, BNI siap menghadirkan layanan serupa pada awal 2024.

Masuknya bank besar seperti PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) hingga PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) ini sejalan dengan pertumbuhan pengguna dan transaksi digital lewat mobile banking.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun mengingatkan kembali sejumlah syarat yang wajib dipenuhi agar bank dapat menghadirkan paylater. Aspek kehandalan infrastruktur digital dan profil risiko nasabah menjadi penekanan otoritas.

Sejauh ini, Bisnis mencatat selain BBCA dan BMRI, bank lain yang juga sudah menyediakan layanan buy now pay later (PNBL) atau paylater ialah PT Bank DBS Indonesia dan PT Allobank Indonesia Tbk. (BBHI).

Selain itu, ada juga PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) yang telah mengungkapkan niat masuk ke paylater. Direktur Institutional Banking BNI, Muhammad Iqbal mengatakan bahwa fitur paylater milik BBNI masih bekerja sama dengan platform lokapasar.

Namun, dalam waktu dekat, layanan baru tersebut akan tersedia di BNI Mobile Banking.

“Segera kami akan buat versi yang langsung direct ke mobile banking kami,” ujar Iqbal saat ditemui Bisnis di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Dia menuturkan rencana peluncuran fitur paylater di BNI Mobile Banking berlangsung pada awal 2024. Saat ini, perseroan masih mempersiapkan segala hal terkait fitur tersebut, termasuk mengkaji langkah-langkah untuk memitigasi risiko kredit.

Dalam mengembangkan bisnis paylater, Iqbal menyatakan bahwa perseroan menaruh perhatian penuh dalam pengelolaan manajemen risiko. Menurutnya, hal ini menjadi modal penting agar produk yang diluncurkan perseroan tidak mengalami kegagalan.

“Pola kreditnya seperti apa pun, kalau tidak didukung dengan manajemen risiko yang baik maka pasti akan bermasalah. Itu yang kami selalu jadi perhatian serius jika bicara bagaimana BNI akan meluncurkan setiap produk terkait kredit,” paparnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Susul BCA dan Bank Mandiri, BNI Hadirkan Paylater Awal 2024, OJK Beri Catatan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya