SOLOPOS.COM - Suasana dan fasilitas Kereta Wisata Priority Solo-Jakarta, Rabu (26/7/2023). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi).

Solopos.com, JAKARTA — Kereta Wisata Priority menjadi salah satu alternatif untuk menikmati perjalanan jarak jauh dengan kereta api. Kereta tersebut menawarkan beragam kelengkapan fasilitas yang menunjang kenyamanan.

Solopos.com berkesempatan mencoba Kereta Wisata Priority pada Rabu (26/7/2023) dengan tujuan Solo-Jakarta.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Berada di rangkaian Kereta Api (KA) Argo Semeru, gerbong Kereta Wisata Priority sudah terlihat mencolok dengan warna cokelat kemerahan, saat berhenti di Stasiun Solo Balapan, Rabu sekitar pukul 12.10 WIB.

Dari interiornya, sudah terlihat jika tampilan gerbong Kereta Wisata Priority ini berbeda dengan kereta lain. Semua dinding gerbong sisi dalam dibalut dengan panel kayu. Kursi penumpang dibuat dengan desain ergonomis yang nyaman.

Pada bagian tempat duduk, juga tersedia ruang kaki yang lapang, serta dilengkapi ruang bagasi di atas tiap tempat duduk.  Tempat duduk juga dilengkapi meja portable, serta power socket di sebelah kursi.

Pada bagian hiburan, telah tersedia layar monitor sentuh di setiap kursi untuk menikmati hiburan audio dan video. Tersedia juga monitor besar pada bagian depan dan belakang ruang duduk serta audio.

Fasilitas ini memungkinkan untuk menikmati hiburan secara bersama-sama, termasuk untuk karaoke. Di samping ruang duduk, tersedia ruang mini bar.

Ini memungkinkan penumpang bisa menikmati perjalanan sambil duduk atau mengobrol santai bersama rekan selama perjalanan sambil minum teh atau kopi. Di belakang minibar, telah tersedia toilet yang tampak bersih dan nyaman.

Mengutip dari https://kaiwisata.id, Kereta Wisata Priority, merupakan salah satu type kereta wisata yang paling banyak kapasitasnya, yakni sampai dengan 30 tempat duduk.

KA Wisata Priority
Suasana dan fasilitas Kereta Wisata Priority Solo-Jakarta, Rabu (26/7/2023). (Istimewa).

Dengan semua fasilitas tersebut, perjalanan yang berakhir di Stasiun Gambir jadi tidak membosankan. Apalagi pelayanan dari petugas yang ramah. Bahkan sesekali, salah satu train attendant atau pramugari kereta, Vero, ikut berkaraoke bersama penumpang.

Agar bisa menikmati perjalanan dengan Kereta Wisata Priority, masyarakat bisa menggunakan sistem carter maupun perorangan. Pejabat Humas PT Kereta Api Pariwisata, M. Ilud Siregar, mengatakan untuk pola carter, tersedia perjalanan dengan keberangkatan dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Rute Solo dapat dilayani dengan perjalanan yang berangkat dari Surabaya, Jakarta dan Bandung. Mengenai harganya, Kereta Wisata Priority dapat dipesan dengan pola carter mulai harga Rp29 juta hingga Rp46 juta.

Khusus rute Solo-Jakarta dapat dipesan dengan harga Rp37 juta. Harga tersebut merupakan harga sekali jalan dan belum termasuk PPN.

Sedangkan untuk tiket perorangan, dapat dicek melalui KAI Acces karena tiketnya dapat dibeli di aplikasi tersebut.  “Sedangkan untuk pola fit atau perorangan, pembelian [tiket] dapat melalui KAI Acces dan Mitra resmi penjualan,” kata dia, Kamis (27/7/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya