SOLOPOS.COM - ilustrasi kredit perbankan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) Solo mencatat pertumbuhan kinerja sepanjang 2022. Perusahaan penjamin anggota holding Indonesia Financial Group (IFG) ini menyalurkan kredit di Soloraya senilai Rp102,71 triliun atau tumbuh 7,19 persen secara tahunan (YoY).

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT Jamkrindo, Hendro Padmono di sela-sela peresmian gedung Kantor Cabang Solo di Jalan Slamet Riyadi, Jumat (10/3/2023). Berdasarkan jenis penggunaan, kredit perbankan didominasi kredit modal kerja yang mencapai 58 persen.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Kemudian, disusul kredit investasi sebesar 21 persen, dan kredit konsumsi sebesar 21 persen. “Potensi di Soloraya cukup besar sehingga diharapkan kinerja Jamkrindo Cabang Solo semakin baik pada tahun ini. Penyaluran kredit tumbuh 7,19 persen secara tahunan,” kata dia, Jumat.

Hendro menyebut Jamkrindo Solo memperoleh volume penjaminan senilai Rp9,17 trilun sepanjang 2022. Laba yang dibukukan perusahaan sebelum pajak senilai Rp86,32 miliar.

Capaian positif itu tak terlepas dari tranformasi yang dilakukan perusahaan di era industri 4.0 dan ekonomi digital. Tranformasi fundamental memiliki peran strategis menjembatani pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) feasible memperoleh akses pembiayaan yang lebih efektif dan efisien. “Kami terus aktif dan berkelanjutan menyokong sektor UMKM yang menjadi motor penggerak perekonomian nasional dan daerah,” ujar dia.

Soal tranformasi layanan digital, Jamkrindo melakukan perubahan inovasi teknologi informasi dengan menggandeng perbankan dan lembaga keuangan secara online. Baik host to host, web service maupun digital.

Hendro menyampaikan target volume penjaminan secara nasional mencapai Rp340 triliun pada 2023. “Wujud layanan terhadap pelaku usaha harus bisa everything, everywhere dan secepatnya. Harus bisa dilakukan kapanpun, di mana saja dan sesegera mungkin. Kuncinya di tiga poin itu sebagai bagian dari tranformasi teknologi informasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya