SOLOPOS.COM - Gerai Point Coffee di Penggung, Ceper, Klaten. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Solopos.com/Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO — Tantangan baru dihadapi lini food and beverage dari PT Indomarco (Indomaret), Point Coffee. Ekspansi Point Coffee terutama di Soloraya menghadapi persaingan dengan jenama kopi lokal lain yang berkonsep menjual kopi dengan tempat nongkrong.

Barista Point Coffee Indomaret Jalan Ronggowarsito, Timuran, Banjarsari, Faras Kurnia Aji, mengatakan penjualan Point Coffee setiap hari Minggu dan Senin lumayan sepi sejak dibuka Maret 2023 lalu.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Senin itu banyak promo, tetapi penjualannya rata-rata hanya 28 cup sementara kalau hari normal bisa dua kali lipatnya. Menurut saya selain karena persaingan dengan kopi-kopi lain kayak yang di belakang itu ada warung kopi untuk nongkrong, di jalan Ronggowarsito ini berlaku searah saja sehingga lalu lintasnya agak lengang,” papar Faras saat ditemui Solopos.com, Minggu (21/5/2023).

Faras menjelaskan penjualan Point Coffee di tempat lain daerah Solo masih tetap ramai karena lokasinya di jalan raya yang padat dan sering dilewati masyarakat.

Tantangan selanjutnya adalah opsi pembayaran produk Point Coffee yang terbatas sementara banyak promonya yang hanya berlaku dengan pembayaran di Klik Indomaret.

Faras mengaku pembayaran dengan Klik Indomaret di Indomaret Ronggowarsito baru berlaku belum lama ini dan banyak pelanggan yang belum memanfaatkannya.

Dalam sehari, total penjualan Point Coffee Indomaret Ronggowarsito sebanyak 80 cup untuk dua shift penjualan, sementara saat Lebaran 2023 lalu ditarget penjualan 83 cup per shift disebabkan banyak promo berlaku.

Faras mengklaim kualitas Point Coffee lebih baik dan harganya lebih ekonomis dibandingkan dengan produk kopi lokal di Solo. Selama ini bahan baku disetor dari PT Indomarco DC Klaten.

Sementara itu SPV PT Indomarco DC Klaten, Syndita Gumilang Prastawa, mengatakan saat ini ada promo pembelian produk fnb Indomaret lewat Klik Indomaret mereka senilai Rp100.000 mendapatkan diskon Rp20.000 serta gratis ongkos kirim. Pelanggan bisa menggunakan kupon JAJANTERUS untuk mendapatkan promo ini.

“Promo berlaku 3-20 Mei 2023, tetapi tidak berlaku kelipatannya. Ada ketentuan lain juga sehari maksimal satu kali transaksi saja, dan total kuota 2000 kupon per hari,” papar Syndita saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Dia melanjutkan, promo berlaku untuk semua metode pembayaran yang tersedia, tetapi pelanggan perlu cepat memesan setelah memasukkan kode kupon di halaman keranjang belanja pada kolom Kode Voucher atau Kupon.

Pelanggan juga perlu cepat mengambil promo ini karena kuota per hari hanya ada 2.000 kupon.

Pantauan Solopos.com, Point Coffee memberikan promo Diskon 20% untuk produk Long Black Iced dan Avocadolime yang sama-sama seharga Rp20.000. Promo ini berlaku dari tanggal 20-25 Mei 2023 saja.

Promo lainnya adalah pembelian Kopi Baper (Bawa Pergi) ditambah es batu hanya Rp19.000 dari harga normal Rp23.000. Harga khusus ini berlaku 1-31 Mei 2023.

Saat ini, Point Coffee merupakan salah satu pemain lokal untuk segmen kopi berkonsep grab-and-go yang dibuat untuk masyarakat dengan mobilitas tinggi dan tidak bisa berlama-lama di suatu tempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya