SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung berfoto bersama di depan stand PT Semen Gresik pada ajang Jateng Fair 2023 di Komplek PRPP Semarang, Jawa Tengah. (Istimewa)

Solopos.com, REMBANG – PT Semen Gresik melalui Rumah BUMN (RB) Rembang mengirim dan mempromosikan 243 jenis produk dari 38 UMKM binaan ke Jateng Fair 2023 di Komplek PRPP Semarang, 30 Juni–16 Juli 2023.

Event bergengsi tingkat nasional yang bertemakan Inspiring Batik tersebut menampilkan berbagai pameran pembangunan, UMKM, komunitas, festival kesenian, panggung hiburan, serta pertunjukkan musik dari band-band nasional.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Acara dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, dan dihadiri secara langsung perwakilan kabupaten/kota, BUMN/BUMD se-Jawa Tengah, serta berbagai lembaga terkait.

“Saya yakin event ini bisa mengungkit perekonomian di Jawa Tengah. Banyak warga dan para pengusaha merasa senang, karena ini sebagai ajang promosi untuk pengusaha besar dan UMKM,” ujar Gus Yasin, sapaan wagub, saat membuka Jateng Fair 2023, di kompleks PRPP Kota Semarang, Jumat (30/6/2023) malam.

Menurutnya, ajang ini harus dimanfaatkan betul tidak hanya oleh pelaku usaha. Pemerintah daerah maupun BUMN/BUMD juga diharap ikut mempromosikan potensi di wilayahnya. Sebab, ajang seperti ini menjadi magnet dan alternatif hiburan bagi warga Jateng dan sekitarnya.

Sementara itu, Senior Manager of Communication & CSR PT Semen Gresik, Dharma Sunyata, menyatakan bahwa melalui UMKM binaan dari RB Rembang, PT Semen Gresik berupaya mempromosikan berbagai potensi khas Rembang melalui berbagai ajang pameran bergengsi seperti Jateng Fair.

“Melalui kurasi dari RB Rembang, kami mengirimkan 243 jenis produk dari 38 UMKM binaan untuk mengikuti event Jateng Fair 2023. Produk yang diikutsertakan yakni produk fesyen, craft, makanan, minuman, dan batik,” jelasnya.

Perusahaan, lanjutnya, terus berkomitmen melakukan pemberdayaan UMKM binaan secara berkesinambungan terutama dalam aspek dukungan pemasaran dan eksposure komersial. “Sehingga UMKM diharapkan bisa naik kelas, berdaya saing tinggi, dan memperluas pasar usahanya,” tandas Dharma pada keterangan rilisnya (4/7/2023).

RB Rembang, tambah Dharma, sejak hampir tiga tahun berdiri berhasil membukukan total penjualan Rp2,8 Miliar dan berhasil mengantarkan lebih dari 272 UMKM untuk naik kelas. Dan bahkan, telah berhasil menorehkan pencapaian luar biasa dengan mengirimkan ribuan produk UMKM Rembang go global, mengikuti pameran di Tong Tong Fair Den Haag, Belanda pada September 2022 lalu.

Dalam pameran tidak hanya menampilkan produk UMKM, namun juga mempromosikan keunggulan PT Semen Gresik sebagai perusahaan yang ramah lingkungan dengan pabrik modern. “Sesuai dengan komitmen perusahaan, Semen Gresik terus tumbuh bersama masyarakat dan berkontribusi terhadap konservasi lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya