SOLOPOS.COM - Olimpiade Perpajakan yang digelar oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Jumat (24/2/2023). (Istimewa/KPP Pratama).

Solopos.com, SOLO — Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Solo menyelenggarakan Olimpiade Perpajakan bagi siswa SMP sederajat se-Surakarta di halaman kantor KPP Pratama Solo, Jumat (24/2/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan sesuai dengan rencana kerja tahunan penyuluhan KPP Pratama Surakarta pada  2023 yang mengusung tema Meningkatkan Kesadaran Pajak Melalui Pengetahuan Perpajakan.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Acara Olimpiade Perpajakan ini dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Dian Rineta.

Acara diawali dengan flash mob yang diikuti oleh seluruh peserta olimpiade dipandu oleh Tim Penyuluh Pajak.

Acara kemudian dibuka dengan pelepasan balon udara dan sambutan oleh Kepala KPP Pratama Surakarta, Herry Wirawan, diikuti dengan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta.

Herry Wirawan dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk mengelola negara, diperlukan biaya yang sumber terbesarnya berasal dari pajak.

“Ke depannya, adik-adik yang masih belajar di bangku sekolah inilah yang akan menjadi kontributor atau pembayar pajak dan melanjutkan pembangunan negara. Harapannya, kegiatan olimpiade perpajakan ini dapat memberikan pengetahuan dan kesadaran pajak sejak dini,” kata Herry.

Babak penyisihan olimpiade telah dimulai sejak, Jumat (17/2/2023). Peserta awal adalah 54 siswa dari delapan belas sekolah. Kemudian, melalui seleksi daring, sepuluh sekolah terpilih mengikuti babak selanjutnya secara langsung di KPP Pratama Surakarta.

Sepuluh sekolah ini kemudian mengikuti babak penyisihan untuk diambil empat sekolah untuk selanjutnya mengikuti babak final.

Empat sekolah yang mengikuti babak final antara lain adalah SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, SMP PL Bintang Laut, SMP Widya Wacana 1, dan SMP Muhammadiyah Program Khusus.

Setelah melalui babak final yang terdiri dari pertanyaan wajib, benar-salah, dan rebutan. SMP yang berhasil meraih peringkat pertama dan memenangkan hadiah utama sebesar Rp1,5 juta yakni  SMP PL Bintang Laut Surakarta.

Selain hadiah untuk juara olimpiade, KPP Pratama Surakarta juga memberikan hadiah bagi pemenang tim terkompak yaitu SMP Mumhammadiyah Program Khusus, tiga pemenang lomba twibbon, dan berbagai doorprize.

Michelle mewakili temannya dari SMP PL Bintang Laut mengaku senang dan bangga.

“Kami tentu merasa senang dapat memberikan hasil terbaik pada olimpiade perpajakan ini. Ini semua berkat dari penyertaan Tuhan karena tanpa penyertaan Tuhan sesuatu tidak dapat terjadi. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada teman-teman untuk berusaha lebih baik lagi,” kata Michelle.

Pada acara ini KPP Pratama Surakarta turut menggerakkan perekonomian UMKM Surakarta dengan mengajak empat pelaku UMKM kuliner untuk menyediakan konsumsi acara.

UMKM tersebut meliputi Dapur Bitna, Pentol Monster, Excelent Juice dan Lapak Chicken.

Acara ditutup dengan penyerahan hadiah oleh Kepala KPP Pratama Surakarta dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta kepada para pemenang diikuti dengan foto bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya