SOLOPOS.COM - Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027 dan Anggota yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen di DPR RI setelah penetapan beberapa waktu lalu.(Bisnis/Arief Hermawan P)

Solopos.com, JAKARTA — Tujuh Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) resmi dilantik Mahmakah Agung pada Rabu (20/7/2022) pagi.

Pelantikan dilaksanakan di Gedung Mahkamah Agung, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Berdasarkan Surat Keputusan Presiden no.51/2022 tanggal 9 Mei 2022, saudara-saudara telah diangkat sebagai Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Dewan Komisioner Jasa Keuangan,” kata Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia M. Syarifuddin dalam akun Youtube OJK.

Dia melanjutkan sebelum memangku jabatan sebagai Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DK OJK, maka orang-orang terpilih wajib mengucapkan sumpah.

Baca Juga: Percepat Pemulihan Ekonomi, OJK Kawal Penguatan Corporate Governance

Dengan pelantikan tersebut, maka DK OJK periode 2022-2027 akan diisi dengan nama-nama dan posisi sebagai berikut:

1. Mahendra Siregar : Ketua Dewan Komisioner OJK

2. Mirza Adityaswara: Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK

3. Dian Ediana Rae : Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK

4. Inarno Djajadi : Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal

5. Ogi Prastomiyono : Kepala Eksekutf Pengawas IKNB OJK

6. Issabella Wattimena : Ketua Dewan Audit Merangkap ADK OJK

7. Friderica Widyasari Dewi : Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK

8. Doni Primanto Joewono (Anggota Dewan Komisioner Ex Officio Bank Indonesia)

9. Suahasil Nazara (Anggota Dewan Komisioner Ex Officio Kementerian Keuangan)

Baca Juga: OJK Terbitkan Aturan Baru Untuk Pinjol, Ini Isinya

Setelah pelantikan ini, para DK OJK baru akan melakukan konferensi pers pada pukul 16.00 WIB.

Sebelumnya, sejumlah direksi bank memberikan dukungan dan doa kepada para Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) baru.

Mereka berharap kerja sama dan koordinasi yang sudah terjalin baik, akan makin baik lagi ke depan demi kemajuan Indonesia.

Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis PT Bank Sahabat Sampoerna Henky Suryaputra berpendapat ke tujuh ketua dan anggota DK OJK yang akan dilantik merupakan tokoh yang sudah cukup banyak dikenal industri perbankan.

Baca Juga: Temui Presiden Jokowi, Komisioner OJK 2017-2022 Sampaikan Apresiasi

Bank Sampoerna meyakini mereka memiliki kompetensi yang mumpuni. “Kami harapkan di bawah kepemimpinan yang baru, OJK akan dapat melanjutkan kinerja yang sangat baik yang telah berjalan selama ini,” kata Henky.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank CIMB Niaga Tbk. Lani Darmawan mengucapkan selamat bekerja kepada jajaran pimpinan OJK yang baru. CIMB Niaga berharap agar kerjasama dan koordinasi yang baik selama ini bisa lebih baik lagi.

“Dan OJK dapat mengantisipasi situasi dengan kebijakan yang tepat agar perbankan bisa tetap menjadi katalis bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia,” kata Lani.



Baca Juga: Tanpa Ampun! SWI Blokir 1.120 Platform Investasi Bodong

Sebelumnya, dewan komisioner OJK terpilih telah melalui sejumlah proses panjang. Kandidat tepilih telah melalui 5 tahap seleksi dan telah mendapatkan restu dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Presiden Joko Widodo, dan DPR. Sebagai informasi, ada 526 orang yang mendaftar sebagai calon komisioner OJK 2022–2027.

Dalam seleksi tahap pertama atau administrasi, hanya 155 orang yang lolos. Kemudian Sri Mulyani, yang bertindak sebagai Ketua Panitia Seleksi DK OJK, dan rekannya menyaring 33 orang pada tahap dua.

Artinya tersisa 122 orang yang dapat melanjutkan ke tahap ketiga. Selanjutnya pada tahap ketiga, 4 orang terhempas dari seleksi asesmen dan pemeriksaan kesehatan. Dengan demikian, ada 29 calon yang bertahan di tahap ketiga dan kini menjadi 21 orang di tahap afirmasi atau wawancara.

Baca Juga: OJK Larang Pelaku Usaha di Pasar Modal Promosi di Luar Negeri

Sebanyak 21 orang tersebut kemudian dibawa ke meja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Orang nomor satu di Indonesia ini kemudian mengeliminasi 7 nama di antaranya, sehingga tersisa 14 nama. Selanjutnya putaran terakhir proses pemilihan dilakukan di DPR melaui uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.

Pada 7 April 2022, DPR mengumumkan nama DK OJK 2022-2027. Di luar dugaan, Hoesen dan Pantro Pander Silitonga secara terpental dari daftar. Hoesen merupakan petahana yang tersisa dari komisioner OJK periode 2017—2022. Artinya, tidak ada lagi wajah lama yang tersisa dari komisioner periode sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya