SOLOPOS.COM - Ria Ellysa dengan bisnis inovatif ready-to-drink meal yaitu OTERRA diobatkan sebagai Best of The Best Diplomat Succes Challenge (DSC) 2022. (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Rangkaian ajang Diplomat Success Challenge (DSC) 2022 selesai dilaksanakan. Dalam DSC 2022 ini terpilih enam challengers yang mendapatkan hibah modal usaha.

Kompetisi yang berlangsung sejak Juni 2022 ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk membentuk ekosistem wirausaha di Indonesia. Dalam DSC 2022 ini terpilih enam challengers yang mendapatkan hibah modal usaha.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Mereka adalah Dara Zam Chairyah (Denger-inD), I Kadek Karya Yoga Utama (RDNB Jewelry), Hedar (Nasi Kulit Syuurga), Diva Velda Hanifa (OhMyGethuk), Yessie Natasia Mareti (YORRI Eatery), serta Best of the Best DSC 2022, Ria Ellysa dengan bisnis inovatif ready-to-drink meal yaitu OTERRA.

Selain itu, ada penghargaan istimewa yakni Most Potential Business yang disandang oleh Yodan Tunggul Pranata (Troya Academic Platform) dan Muhammad Fikri (Rumah Ice Cream Indonesia). Dalam press conference yang digelar secara daring pada Selasa (24/1/2023), Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk. Ronald Walla berharap DSC bisa membangun jejaring usaha di Indonesia.

“Kami bersyukur, di tahun penyelenggaraan ke-13 ini DSC semakin menunjukkan eksistensinya. Tidak hanya sebagai sebuah inkubator kewirausahaan, namun menjadi ekosistem wirausaha yang terintegrasi dan dapat menjadi benchmark bagi pertumbuhan ekonomi negara yang kita cintai ini. Selamat kepada para challengers yang menerima hibah modal usaha. Kami tunggu gebrakan kalian secara nyata,” ujar Ronald Walla.

Dalam rilis yang diterima Solopos pada Selasa (24/1/2023), pendaftar DSC 2022 masih didominasi oleh bisnis makanan dan minuman atau food and baverage (F&B). Sejak awal dibukanya pendaftaran pada tanggal 8 Juni 2022 hingga ditutup pada 19 September 2022, secara total DSC meraih total 23.657 pendaftar. 

Dalam gelaran DSC beberapa tahun ke belakang, kategori bisnis Makanan & Minuman (F&B) terus mendominasi. Bahkan di tahun ini, DSC 2022 menerima sebanyak lebih dari 40% bisnis F&B, yang berarti bahwa kategori bisnis ini masih menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin berwirausaha. Menurut Ketua Dewan Komisoner sekaligus Founding Father DSC, Surjanto Yasaputera, bisnis F&B di Indonesia semakin kreatif dan inovatif.

“Di tahun 2022, DSC menyaksikan banyak produk F&B yang inovatif serta kreatif. Terbukti dari 8 finalis DSC 2022, tidak kurang dari 5 finalis merupakan kategori bisnis F&B, baik dalam kemasan maupun format restoran. Tidak hanya dari sisi inovasi dan kreativitas, beberapa produk para challengers tahun ini juga membawa solusi akan permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Manfaat ini lah yang ingin terus kami hadirkan melalui DSC, melalui kiprah para challengers tiap tahunnya,” ucap Surjanto.

Sedangkan, menurut Coach DSC 2022, Andanu Prasetyo yang juga CEO MAKA Group dan Founder Toko Kopi Tuku, banyak pengusaha baru yang memulai debut bisnisnya lewat kategori F&B mungkin dikarenakan secara model bisnis lebih mudah membayangkan proses end-to-end-nya.

“Karena kemudahan ini, persaingan di dunia F&B pun akan terus menantang. Namun, yakinlah dengan semakin banyaknya pemain, akan semakin besar pula market size bisnis ini. Maka dari itu, temukan diferensiasi produk. Bangun brand dan narasi yang kuat. Jangan takut mencari peluang dari bisnis F&B”. ujar Andanu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya