SOLOPOS.COM - Penumpang di Terminal Tirtonadi yang baru saja turun dari bus menuju pintu utama terminal, Kamis (4/5/2023) (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO – Pengelola Terminal Tirtonadi melakukan pengecekan langsung armada bus yang terdampak penutupan Jalan Raya Solo-Purwodadi ruas simpang Joglo hingga traffic light Sekip pada Jumat (5/5/2023). 

Pengelola Terminal Tirtonadi melakukan pengecekan sekaligus sosialisasi dan pengarahan kepada sopir bus secara langsung. Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Bandiyono, menyebut ini adalah langkah pemantapan untuk para sopir bus. “Memang pada Rabu [3/5/2023] kemarin pengurus-pengurus bus yang terdampak penutupan jalan, sudah dikumpulkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo. Nah pagi ini kita mantapkan lagi, driver-driver yang masuk [Terminal Tirtonadi] kita sosialisasikan lagi,” ujarnya dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Bandiyono mengatakan terdapat beberapa bus yang terdampak penutupan jalan di ruas Joglo tersebut. Mereka antara lain Bus Rela jurusan Purwodadi, serta BRT TransJateng Solo-Sumberlawang. Bandiyono juga menjelaskan soal rute yang harus ditempuh. Ada pula sejumlah bus jurusan Solo-Karanggede.

Bandiyono menyebutkan untuk mendukung penutupan ruas jalan mulai simpang Joglo hingga pertigaan Sekip tersebut, Dishub Kota Solo bakal memfungsikan setidaknya lima jalan lain yakni Jalan Bromo Raya, Jalan Kerinci, Jalan Jayawijaya, Jalan Gunung Slamet hingga Jalan Sumpah Pemuda sebagai rute pengalihan. Penutupan sendiri rencananya akan berlangsung selama tiga bulan, hingga bulan Juli mendatang.

Pihaknya juga menyebutkan untuk Bus yang akan mengakses jalan tol, akan diarahkan menuju Pintu Tol Ngemplak. Hal ini untuk mengurangi kepadatan yang ada di simpang Joglo. “Ada juga bus yang full tol, langsung ke Surabaya, sesuai kesepakatan rapat, diarahkan menuju Pintu Tol Ngemplak Boyolali.” Imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Bandi itu juga mengimbau pengemudi untuk tetap tertib berlalu-lintas, dan mengemudi dengan lebih berhati-hati. “Kita sampaikan untuk lebih berhati-hati, karena akses jalan yang cukup sempit dan lalu lintas padat. Tetap sesuai dengan aturan lalu lintas yang benar,” terangnya.

Sementara, pengurus Perusahaan Otobus (PO) Rela di Tirtonadi, Antok E. mengatakan dirinya sudah memberi arahan kepada driver untuk mengikuti aturan. “Ya kita bersabar dulu sementara, sebelum proyek selesai. Semoga segera normal kembali.” Kata dia.

Seperti diketahui, Dinas Perhubungan Kota Solo, melakukan penutupan Jalan Raya Solo-Purwodadi ruas simpang Joglo hingga traffic light Sekip, sejak Kamis (4/5/2023) malam, mulai pukul 21.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya