SOLOPOS.COM - Gerai McDonald’s Indonesia di Jl Adi Sucipto No.37, Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, Solo, tepatnya barat SPBU Kerten, Selasa (7/3/2023). Gerai itu siap dibuka 24 Maret 2023. (Solopos.com/Wahyu Prakoso).

Solopos.com, SOLO — Star Marketing McDonald’s Indonesia, Oktavia Setia Nur Indah, McDonald’s Indonesia tengah bersiap untuk grand opening cabang baru di Kerten yang merupakan cabang ketiga di Soloraya.

Setelah sebelumnya membuka cabang di jalan Slamet Riyadi dan area The Park Mall Solo Baru. Okta mengatakan memilih membuka cabang di Kerten karena dekat dengan area sekolah dan Stadion Manahan.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Dia mengatakan menu yang dijual di gerai McDonald’s Kerten nanti tetap sama dengan menu McDonald’s di tempat lain. Hanya, bentuk bangunannya menyesuaikan khas Joglo sesuai arahan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka.

Gerai McDonald’s di Kerten bakal dibuka 24 Maret 2024 pada momen Ramadan. “Ada promonya bantal harga Rp87.000 dapat satu bantal dan satu paket ayam,” jelasnya.

Enggan Ekspansi ke Mal

Okta mengatakan sampai saat ini belum ada rencana ekspansi ke mal atau pusat perbelanjaan dikarenakan operasional menjadi terbatas hanya sampai mal tutup.

Terlebih mereka memiliki layanan drive thru sehingga dikhawatirkan jika di mal bakal kurang terfasilitasi. “Kami buka di mal khusus untuk berjualan es krim saja,” papar Okta saat dihubungi Solopos.com, Rabu (8/3/2023).

Drive thru adalah salah satu gaya khas makanan cepat saji terutama McDonald’s.

Layanan pesan bawa pulang ini membuat pembeli tidak harus keluar dari mobil mereka untuk bisa menikmati makanan cepat saji. Sistem ini pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat tempat makanan cepat saji lahir.

Ekspansi ini menjadi langkah revolusi McDonald’s Indonesia guna mempertahankan kekuatan penjualan di Soloraya, ujar Okta. Sejauh ini produk-produk McDonald’s Indonesia yang paling laku adalah burger dan es krim.

Lini produk F&B McDonald’s Indonesia juga sudah hadir di Solo berupa McCafe yang gerainya ada di jalan Slamet Riyadi.

“McCafe baru di gerai Slamet Riyadi, belum dibuka lagi lainnya,” tambahnya.

Okta menambahkan ekspansi online McDonald’s Indonesia juga cukup berhasil dengan penjualan dari marketplace seperti ShopeeFood, GoFood, dan GrabFood menyumbang jumlah pesanan yang sama dengan layanan pesan-antar atau delivery.

Solo paragon Mal

Chief Marketing Communication (Marcom) Solo Paragon Mall, Veronica Lahji, sedikit menyayangkan kebijakan McDonald’s Indonesia yang belum berminat ekspansi di dalam mal-mal Solo.

“Mereka memang memiliki aturan sendiri agar radius masing-masing brand tidak terlalu dekat. Namun McDonald’s sudah memiliki pelanggan tetap yang bisa menambah jumlah pengunjung mal,” papar Veronica.

Meski begitu, Veronica maklum dengan kebijakan McDonald’s Indonesia yang masih menjaga cara penjualan drive thru.

Penguncian radius itu juga yang menyebabkan Solo Paragon Mall mengajak tenant-tenant besar di Indonesia membuka cabang di dalam mal mereka agar menambah variasi tenant di Solo.

Veronica mengatakan mengajak tenant-tenant besar bukanlah perkara mudah, terlebih karena Solo bukanlah kota besar. Namun dia yakin akan makin banyak tenant-tenant besar yang berminat membuka cabang di Solo karena masifnya pertumbuhan kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya