SOLOPOS.COM - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idulfitri (Rafi) 1444 Hijriah. (Istmewa)

Solopos.com, SOLO — PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan jenis bahan bakar minyak (BBM) baru bernama Bioetanol, dalam waktu dekat ini.

Penjualan jenis BBM baru Pertamina tersebut diharapkan mampu menurunkan karbon emisi, sebagai bentuk wujud kemandirian energi di Indonesia.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Launching mudah-mudahan dalam waktu dekat,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso kepada Bisnis.com, Selasa (13/6/2023).

Pengenalan jenis BBM baru Pertamina ini akan dilakukan untuk kali pertama di Surabaya. Pertamina mengklaim  penggunaan Bioetanol nantinya diperuntukkan bagi kendaraaan bermotor.

Fadjar menjelaskan, jenis BBM baru Pertamina ini akan memiliki research octane number (RON) 95. RON tersebut berada di atas Pertamax.

Sebelumnya, Pertamina memiliki produk RON95 dengan nama Pertamax Plus. Perbedaan dengan Pertamax Plus ini ada pada kandungannya.

Meski demikian, Pertamina belum mengumumkan nama dari jenis BBM baru yang akan diluncurkan.

Fadjar menyatakan nama produk baru akan diumumkan pada saat peluncuran produk.  “Nanti ini Pertamax dicampur etanol 5 persen,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi apakah harga jenis BBM baru Pertamina ini lebih mahal dari Pertamax, Fadjar mengaku masih belum bisa menjelaskan lebih lanjut.

Sebagai informasi, harga Pertamax di wilayah Jakarta dan sekitarnya sebesar Rp12.400 per liter, sedangkan Pertamax Turbo Rp13.600 per liter.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Mengenal BBM Baru yang Akan Dijual oleh Pertamina, RON di Atas Pertamax

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya