SOLOPOS.COM - ilustrasi kredit di bank (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Bagi yang ingin mengajukan kredit atau pinjaman dari BRI mungkin perlu tahu kisaran suku bunga yang ditetapkan.

Bunga pinjaman merupakan biaya tambahan yang harus ditanggung nasabah ketika meminjam dana dari bank pemerintah ini, sebagai kompensasi atas layanan pinjaman yang diberikan.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI menawarkan beragam opsi pinjaman yang dapat dipilih. Tingkat bunga pinjaman ini bervariasi tergantung pada jenis pinjaman yang dipilih.

BRI dikenal sebagai bank yang menyediakan fasilitas pinjaman untuk berbagai keperluan, seperti pembelian kendaraan, KPR, modal usaha, dan kartu kredit.

Anda dapat memilih pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda, tetapi pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkannya dan Anda mampu melunasi angsuran pinjaman tersebut.

Lantas berapa bunga pinjaman yang ditetapkan BRI?

Untuk menghindari kesalahan dalam pengajuan pinjaman, sebelum mengajukan pembiayaan ke BRI, Anda perlu mengetahui berbagai jenis pinjaman BRI dan bunga pinjaman bank BRI.

Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/8/2023), secara umum, suku bunga pinjaman BRI untuk berbagai segmen adalah sebagai berikut:

Kredit Mikro: 14%
Kredit Ritel: 8,25%
KPR: 7,25%
Non KPR: 8,75%
Kredit Korporasi Besar: 8%

Andalan UMKM

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) masih jadi andalan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang membutuhkan modal usaha. Dibandingkan dengan jenis pinjaman bank yang lain, KUR memberikan suku bunga yang rendah sehingga terjangkau bagi pelaku UMKM.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, tujuan dari Progam KUR adalah memberikan modal usaha bagi pelaku UMKM agar terjadi percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM. Sementara itu, KUR disalurkan ke 46 Penyalur KUR yang terdiri dari Bank Pemerintah, Bank Umum Swasta, Bank Pembangunan Daerah (BPD), Perusahaan Pembiayaan, dan Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

Melansir website resmi BRI, terdapat tiga jenis progam KUR yang disalurkan kepada masyarakat yaitu KUR Mikro Bank BRI, KUR Kecil Bank BRI, dan KUR TKI Bank BRI masing-masing dengan suku bunga 6% efektif per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya