SOLOPOS.COM - Ilustrasi perumahan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO —  Rumah atau tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok masyarakat, namun tak bisa dimungkiri karena harganya yang mahal tak semua bisa memilikinya dengan mudah.

Meski ada fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) dari perbankan, namun hal ini tampaknya tak serta merta menjadi pilihan masyarakat dengan berbagai alasan atau kendala.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Salah satunya, Atika Sugiyanto warga Purworejo yang tinggal di salah satu rumah kos Solo mengaku sudah ada rencana memiliki rumah sendiri, tapi saat ini keinginannya belum terwujud. Atika mengaku ingin punya rumah sendiri di Solo.

Dia pun saat ini memilih mengontrak atau sewa untuk tempat tinggal. “Gaji saya belum membuat saya tenang untuk mengambil KPR,” paparnya kepada Solopos.com belum lama ini.

Lain halnya dengan Khalyfah Hasanah warga Solo yang tinggal di Mojosongo. Dia menjelaskan sudah punya rencana panjang memiliki rumah sendiri. Rumah baginya bisa menjadi aset di hari tua atau untuk anak dan agar nyaman tidak memikirkan sewa.

“Tapi saya inginnya nabung kemudian beli kontan agar menghindari berutang,” paparnya. Khalyfah berencana membeli rumah di daerah Tawangmangu, Karanganyar, atau Selo, Boyolali.

Hampir Setengah

Perumahan dan fasilitas rumah tangga menyumbang rata-rata pengeluaran per kapita terbesar untuk kebutuhan bukan makanan sebesar Rp547.707 per bulan warga yang tinggal di Solo.

Melansir Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Surakarta 2022 yang dirilis BPS Surakarta Rabu (28/12/2022), total pengeluaran warga Solo untuk sektor bukan makanan mencapai Rp978.916 dan sumbangan pengeluaran untuk perumahan serta fasilitas rumah tangga yang terbesar yaitu hampir setengahnya.

Rata-rata pengeluaran perumahan dan fasilitas rumah tangga punya selisih sedikit dengan pengeluaran kebutuhan makanan sebesar Rp767.095, yaitu Rp219.388.

Sementara itu melansir data Berita Resmi Statistik dari BPS Surakarta Senin (2/1/2023) berjudul Perkembangan Indeks Harga Konsumen/Inflasi Desember 2022, sektor perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga mengalami inflasi sebesar 0,11%. Terjadi kenaikan indeks dari 108 pada 10 November 2022 menjadi 108 pada 22 Desember 2022.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS, Nurul Istiqomah mengatakan hampir 31,40% pengeluaran warga Solo dialokasikan untuk perumahan dan fasilitas rumah tangga.

Kemudian dilihat dari Indeks Harga Konsumen (IHK) komponen tersebut menyumbang 0,11% dari keseluruhan IHK di Kota Surakarta.

“Jika ditelisik lebih lanjut penyumbang dari perubahan kenaikan IHK tersebut didominasi sumbangan oleh sub sektor Pemeliharaan, Perbaikan, dan Keamanan Tempat Tinggal/Perumahan. Fenomena Covid-19 yang membuat penduduk kota Surakarta harus bekerja dari rumah (WFH), dan dilanjutkan dengan sistem kerja hybrid membuat mereka merasa harus nyaman untuk tinggal dirumah selama bekerja tersebut,” paparnya kepada Solopos.com Minggu (15/1/2023)..

Sehingga, lanjut dia,  rumah tidak menjadi hanya sekadar melepas lelah pada waktu malam hari saja, tetapi kegiatan dari pagi hingga malam menjelang mereka lakukan di rumah. Usaha untuk meningkatkan rasa nyaman tersebut membuat permintaan terhadap barang-barang yang berhubungan dengan perbaikan dan pemeliharaan meningkat sehingga menjadi salah satu sub sektor penyumbang inflasi.

Nurul menyebut, cicilan atau harga sewa rumah bukanlah penyumbang inflasi karena hal tersebut sudah bisa diprediksi.

“Cicilan atau harga sewa sudah pasti jadi barang kebutuhan primer, sehingga proporsi pendapatan masyarakat biasanya sudah dialokasikan untuk cicilan pembayaran,” jelasnya. Data BPS juga menunjukkan komponen sewa dan kontrak rumah menyumbang inflasi 0,00% untuk Desember 2022.

Melihat sumbangan komponen sewa dan kontrak rumah untuk inflasi Desember 2022 hanya 0,00%, Nurul menyebut kemampuan warga Solo terutama milenial sudah tinggi untuk memiliki rumah secara kredit.

“Dunia Internet yang luar biasa membuat milenial mendapat penghasilan lebih dari sektor kreatif,” papar Nurul.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya