SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Solopos Media Group (SMG) akan kembali memberikan penghargaan kepada pemegang merek maupun perusahaan melalui program Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Award. Pada SBBI Award yang telah memasuki usia ke-24, ada tiga model penghargaan yang akan diberikan.

Direktur Bisnis dan Konten SMG, Suwarmin, mengatakan SBBI Award akan menjadi mahkota bagi merek-merek terbaik yang ada dan beredar di wilayah Soloraya. SBBI Award 2023 direncanakan digelar pada 16 Maret 2023 mendatang.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Kami berharap ini menjadi kabar menyenangkan bagi para pengelola merek. Sebab hasil kerja keras mereka dihargai melalui sebuah riset dan survei,” kata dia, Rabu (8/2/2023).

Setiap tahun SMG selalu berinovasi memberikan penghargaan yang istimewa kepada para pelaku usaha maupun pemegang merek yang berkinerja terbaik.

Penghargaan SBBI Award ini telah memasuki tahun ke-24. Ini menunjukkan selama 24 tahun SMG serius dan konsisten memberikan penghargaan kepada pemegang merek maupun pelaku usaha yang mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat.

SBBI Award merupakan penghargaan yang diberikan SMG kepada pemegang merek berdasarkan pilihan konsumen di Solo dan sekitarnya. Indeks best brand (merek terbaik) diperoleh melalui survei kepada konsumen di Solo dan sekitarnya dengan menggunakan enam variabel. Masing-masing variabel adalah brand awareness (kesadaran merek), market share (pangsa pasar), usage (tingkat penggunaan), brand loyalty (loyalitas pada merek), satisfaction (kepuasan) dan perceived quality (persepsi kualitas).

Tahun ini, SMG memberikan tiga model penghargaan pada ajang SBBI Award. Masing-masing penghargaan untuk merek terbaik (Best Brand), penghargaan Best Digital Performance dan penghargaan Social Value Award.

“Basis pemberian penghargaan kategori Best Brand tahun 2023 ini, tim periset SMG menggunakan model dengan cara menganalisis hasil-hasil riset SBBI. Merek yang mendapatkan indeks tertinggi melalui analisis ini akan ditetapkan sebagai merek terbaik,” kata Sie Riset Panitia SBBI Award 2023, Sholahuddin, dalam rilisnya, Kamis (9/2/2023). Nantinya SMG akan memberikan penghargaan kepada para pemenang merek terbaik ini sebanyak 50 merek.

Sedangkan Best Digital Performance adalah penghargaan kepada merek dengan basis kinerja berdasarkan penulusuran digital. Indikator yang digunakan antara lain penghargaan (awarding) yang diterima merek itu dari lembaga sejenis, tingkat popularitas, serta tingkat jumlah konten merek bersangkutan di dunia maya.

Hasil penelusuran digital ini kemudian sebagai bahan untuk menentukan pemenang oleh tim panelis yang dibentuk oleh SMG. Best Digital Performance akan diberikan kepada 16 merek sebagai pemenang.

Sedangkan penghargaan kategori Social Value Award diberikan kepada perusahaan yang concern melakukan praktik baik pada kegiatan bisnisnya yang berdampak pada nilai-nilai sosial (social value). Pada kategori ini SMG akan memberikan penghargaan kepada 11 perusahaan.

Penghargaan pada kategori Best Digital Performance dan Social Value Award merupakan penghargaan baru yang diberikan pada ajang SBBI Award tahun 2023.

Selain sebagai bentuk apresiasi, Sholahuddin menyampaikan SBBI Award juga penting bagi masyakarat. Khususnya konsumen atau calon konsumen yang akan menggunakan produk yang mendapatkan penghargaan di event SBBI Award. Hasil penghargaan ini dapat menjadi referensi dan pertimbangan masyarakat saat akan menggunakan produk, di mana merek-merek tersebut sudah teruji di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya