SOLOPOS.COM - Digital perbankan (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Tidak dimungkiri, sektor perbankan telah mengalami perkembangan cukup pesat saat ini. Era digitalisasi juga menjadi arah perkembangan sektor keuangan terutama kalangan perbankan guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Solopos Media Group (SMG) melalui Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Awards, menangkap hal itu dengan memberikan penghargaan untuk bidang perbankan.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Diketahui seiring perkembangan zaman, ternyata juga mempengaruhi pola perilaku masyarakat dalam mengakses layanan perbankan. Dimana saat ini juga telah banyak layanan perbankan yang telah disesuaikan dengan era digitalisasi.

Branch Manager BRI Solo Slamet Riyadi, Agung Ari Wibowo, mengatakan perkembangan perbankan saat ini menuju ke arah digitalisasi.

“Adanya perubahan pola perilaku masyarakat dalam penggunaan teknologi, menuntut perbankan harus melakukan pelayanan ke arah digital,” kata dia, Selasa (7/3/2023).

Melalui perkembangan yang ada, saat ini nasabah tidak perlu lagi ke bank untuk mendapatkan layanan perbankan. Sebab semua pelayanan, baik produk maupun layanan, sudah bisa dilakukan secara jarak jauh atau secara digital.

Dengan mengikuti perkembangan zaman serta pola perilaku masyarakat, diharapkan juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap suatu bank.

Agung mengatakan perbankan, dalam hal ini BRI juga berusaha untuk menjaga kepercayaan masyarakat dengan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik.

“Kami berusaha meningkatkan pembangunan infrastruktur dan sumber daya sebagai salah satu cara untuk memperbaiki kualitas pelayanan. Salah satu cara lainnya yaitu dengan menjamin keamanan data nasabah, menjaga likuiditas perbankan, transparansi, dan mempunyai CS yang responsif jika  terdapat kendala,” kata dia.

Di sisi lain, inovasi juga tidak bisa ditinggalkan di dunia perbankan. Menurutnya, semakin berkembangnya zaman, perbankan akan berusaha untuk meningkatkan performa layanan dan bisnis bank dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

“Seperti Bank BRI, saat ini berusaha mengembangkan Super Apps yaitu BRIMO yang dapat terintegrasi dengan berbagai layanan di luar aplikasi bank. Harapannya BRIMO menjadi One Stop Solution untuk masyarakat,” kata dia.

Dengan begitu fungsi perbankan bukan hanya sekedar bisa untuk menabung, tapi diharapkan menjadi problem solving dan dapat masuk ke segala sektor yang ada.

Dia mencontohkan, BRI saat ini sedang mengembangkan beberapa digital platform yang dapat digunakan di beberapa sektor usaha. Misalkan untuk pengelolaan rumah sakit dapat menggunakan aplikasi BRI yaitu Morbis. Kemudian untuk sektor pendidikan ada Junio Smart. Untuk sektor perumahan/hotel/indekos ada BRI Smart Billing. Sedangkan untuk agen pangkalan ada Brimola dan untuk koperasi ada Smartcoop.

Literasi Keuangan

Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Award 2023 akan hadir dengan memberikan tiga model penghargaan.
Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Award 2023.

Sementara dari sisi perbankan syariah, upaya untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat juga dilakukan BSI. Area Manager BSI Solo, Hari Nopa Kurniawan, menjelaskan saat ini perbankan syariah, dalam hal ini BSI, memiliki tugas untuk memberikan literasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Sebab menurutnya literasi perbankan syariah kepada masyarakat terutama di Soloraya, mungkin belum tersampaikan secara menyeuruh.

“Dengan begitu tugas kami, setiap saat bisa memberikan sosialisasi terkait dengan produk-produk kami melalui jaringan cabang-cabang yang ada di Solo. Kami akan terus melakukan literasi yang tentunya dengan semakin besat literasi, semakin besar pula inklusinya,” kata dia.

Beberapa terobosan juga dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Dalam hal ini BSI fokus pada pengembangan ekosistem. Dia menyebutkan ada sejumlah ekosistem yang telah terbangun. Misalnya ada ekosistem pondok pesantren, masjid, kampung-kampung yang memiliki kekhasan seperti Kauman di Solo, ekosistem UMKM, rumah sakit Islam, perguruan tinggi, dan sebagainya.

Inovasi juga terus dilakukan. Belum lama ini BSI menjalin kerja sama dengan REI sebagai upaya memasarkan produk. Disebutkan saat ini BSI memiliki produk yang sangat bersaing yang dikembangkan bersama mitra-mitra kerja. Jika bicara perumahan, BSI juga menggandeng pihak developer sebagai mitra.

Dalam kerja sama itu, salah satu produk yang dimiliki BSI adalah Griya Mabrur. Dimana ketika nasabah bisa membayar anguran tepat waktu dalam dua tahun, maka di tahun ketiga nasabah itu akan didaftarkan haji.

“Jadi bentuk investasi nasabah kami kembalikan dalam bentuk sesuatu yang berkah. Itu juga inovasi produk kami,” kata dia.

Sedangkan berbicara mengenai era digital, saat  ini BSI juga telah mengembangkan mobile banking dengan fasilitas lengkap. Kurniawan mengatakan melalui mobile banking BSI, nasabah dapat membuka rekening, mengakses pembiayaan kecil, tabungan emas, dan sebagainya.

“Mobile banking kami tidak hanya melayani nasabah untuk hal-hal terkait kegiatan finansial, tapi juga kepentingan lain. Untuk itu mobile banking kami memiliki jargon Sahabat Finansial, Sahabat Sosial dan Sahabat Spiritual,” lanjut dia.

Disebut sahabat spiritual, sebab dalam mobile banking itu juga dilengkapi dengan falisitas untuk memudahkan nasabah dalam beribadah. Dia mengatakan, ketika nasabah kebetulan berada di lokasi tertentu, sementara saat itu sudah memasuki waktu salat, maka mobile banking BSI juga bisa menunjukkan arah masjid terdekat. Ada pula fasilitas kompas arah kiblat, bacaan ayat-ayat pendek, layanan membayar zakat, infak, serta sedekah.

Sementara itu Seksi Riset Panitia SBBI Award 2023, Sholahuddin, menyampaikan saat ini produk perbankan sudah semakin banyak. Jenis layanan perbankan itu semakin banyak dan kompleks.

“Nah kami akan memberikan penghargaan lebih detail supaya bisa menyasar produk. Ikuti dinamika produk yang disurvei. Kalau produk berkembang ya harus diikuti. Agar sesuai kebutuhan dan dinamika produk di pasar,” kata dia.



Menurutnya, pemegang merek selalu berinovasi dengan layanan baru. Hal itulah yang akan ditangkap sebagai peluang untuk memberikan penghargaan.

Dikatakan pula, tujuan SBBI adalah memberikan panduan dan referensi kepada masyarakat terhadap produk yang akan mereka gunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya