SOLOPOS.COM - SBBI Award 2022.

Solopos.com, SOLO — Produk elektronik menjadi salah satu sektor yang ada di ajang Solo Best Brand and Inovation (SBBI) Awards.

Jika melihat dari perkembangan lima tahun terakhir, ada beberapa produk elektronik yang selalu dikuasai oleh salah satu merek. Beberapa produk yang selalu dimenangkan oleh satu merek tertentu selama lima tahun terakhir adalah produk lemari es dan mesin cuci.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Sedangkan untuk TV dan AC, sempat mengalami pergantian pemenang. Meskipun dalam tiga tahun terakhir, mulai dimenangkan oleh satu merek tertentu di masing-masing produk tersebut. Misalnya untuk produk TV yang mulai dikuasai satu merek tertentu sejak 2020 dan pada produk AC sudah dimenangkan oleh merek yang sama sejak 2019 lalu.

Sholahuddin, mewakili tim peneliti SBBI 2022, mengatakan setiap produk memiliki atribut masing-masing yang menjadi daya tarik konsumen.

Baca Juga: Tiga Brand Selalu Juara di Kategori Otomotif, Siapa Jawara SBBI 2022?

“Untuk lemari es misalnya, atribut yang menjadi daya tarik kuat adalah kualitas mesin, hemat listrik, desain menarik atau elegan, harga terjangkau dan cepat mendinginkan. Dari atribut ini, ada satu merek yang sangat kuat hingga bisa bertahan setidaknya dalam lima tahun terakhir,” kata dia, Rabu (16/3/2022).

Untuk mesin cuci, atribut yang menjadi pertimbangan pembeli adalah kualitas mesin yang awet, hemat listrik, desain stylish, harga terjangkau dan kapasitas besar. Untuk produk ini juga masih dikuasai oleh satu merek tertentu dalam lima tahun terakhir.

Dengan begitu merek-merek yang memenangkan SBBI selama lima tahun berturut-turut, dapat disebut pengelola merek tersebut sudah mengerti, atau selalu berupaya untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumennya.
Mengenai tips untuk menjaga brand agar tetap di hati pelanggan, pada Kamis (17/3/2022), melalui Solopos Talk Show Virtual, Road to SBBI Award 2022 dengan tema Merawat Pelanggan Loyal, Menjaga Kekuatan Merek.

Baca Juga: Rhenald Kasali bakal Berbagi Strategi Bisnis di SBBI Awards 2022

Ketua Panitia SBBI Award 2022, Ivan Indrakesuma, mengatakan ada beberapa narasumber yang akan memeriahkan acara tersebut.

“Di antaranya Asisten General Manager Marketing Communication PT Sharp Elektronic Indonesia, Agus Soewadji. Kemudian ada Direktur PT Danarhadi, Dewanto, dan ada Manajer Solopos Institute, Sholahuddin,” kata dia, Rabu.
Acara tersebut akan digelar pukul 14.00 WIB-15.00 WIB yang disiarkan live di YouTube Espos Live, Facebook Solopos.com, serta Instagram @koransolopos.

“Pada acara itu, akan membahas tentang strategi membangun brand khususnya di era pemulihan dampak pandemi, strategi merawat konsumen dan sebagainya,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya