SOLOPOS.COM - Produk elektronik tertata rapi di gerai Candi Elektronik, Jl Slamet Riyadi, Solo, Jumat (24/3/2023). (Istimewa/Candi Elektronik)

Solopos.com, SOLO – Candi Elektronik optimistis peluang penjualan produk elektronik masih tinggi. Dinamika gaya hidup, kebutuhan masyarakat, serta inovasi teknologi, menjadi faktor pembentuk optimisme bagi perusahaan penjualan produk elektronik itu. Sebab, perusahaan penjualan menjembatani konsumen dan produsen produk.

Chief Executive Officer (CEO) Candi Elektronik, Ardian Ayat Santiko, mengatakan 2023 bukan tahun yang mudah. Dari sisi manajemen SDM, Ardian mempunyai strategi untuk menghadapi tantangan 2023 ini. Tetap optimis dan perkuat kerja sama antardivisi dan seluruh tim menjadi jurus Ardian menghadapi tantangan itu.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Membuat berbagai promo, hadiah, dan melengkapi line up produk merupakan jalan Candi Elektronik menjadi satu-satunya tempat belanja kebutuhan elektronik. Selain itu, manajemen melakukan inovasi dan adaptatif terhadap kebutuhan customer.

“Membuat target yang moderat. Moderat artinya tetap bertumbuh tetapi tidak muluk-muluk. Memenangkan hati customer dengan pelayanan terbaik,” kata Ardian, Kamis (19/1/2023).

Berdiri pada 2011 lalu, Candi Elektronik mempertahankan pelayanan yang maksimal bagi seluruh konsumen. Pelayanan dengan kualitas yang sama bagi siapa pun menjadi salah satu etos yang terus dipertahankan.

Manajer Sales Candi Elektronik Solo, Sarmin Budi Kiswanto, menggambarkan seluruh konsumen yang datang ke toko, baik konsumen baru atau lama, berhak mendapat promo dan layanan yang sama. Misalnya saban belanja minimal Rp2,5 juta sekali transaksi, konsumen akan mendapat satu kupon undian dan berlaku kelipatan. Kupon itu akan diundi untuk mendapat hadiah. Salah satu hadiah yakni 12,5 gram emas per bulan.

Dari sisi layanan, terhadap konsumen yang belum pernah membeli produk di Candi Elektronik, akan mendapat penyambutan sama dengan konsumen lama. Misalnya, kata Sarmin, saat konsumen membutuhkan layanan servis maka Candi Elektronik akan menghubungkannya ke vendor atau produsen untuk mendapatkan layanan servis.

Sarmin yakin layanan aftersales seperti itu menjadi modal Candi Elektronik dalam mempertahankan kepercayaan konsumen. “Siapa pun yang datang ke kami, pelayanan semua sama,” kata Sarmin saat ditemui Solopos.com di kawasan Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (21/3/2023) sore.

Dia menyebut konsumen perusahaan penjualan elektronik yang berusia lebih dari satu dekade itu berasal dari berbagai kota. Strategi sebar gerai pun mereka lakukan. Kini, sudah ada dua gerai Candi Elektronik di Solo, kemudian ada juga di Sragen dan Sukoharjo.

Banyaknya konsumen dari luar Kota Solo membuat manajemen membuka gerai Candi Elektronik baru, seperti di Kartasura, Sukoharjo. Penambahan gerai di Kartasura dipandang sangat strategis dan memudahkan konsumen dari wilayah Salatiga, Boyolali, Klaten dan Semarang. “Akan ada store baru di Kartasura agar konsumen tak perlu ke Solo, semoga setelah Lebaran akan opening,” lanjutnya.

Padai momen Ramadan hingga mendekati Lebaran, sambung Sarmin, permintaan produk elektronik kecil seperti magic com, microwave, blender, dan mixer, sangat tinggi. Permintaan banyak datang dari pesanan online melalui website dan marketplace.

Sementara beberapa produk elektronik besar yang punya potensi pasar sepanjang momen Ramadan hingga Lebaran di antaranya kulkas, mesin cuci, AC, dan TV. Dengan potensi itu, Candi Elektronik sudah berekspansi hingga pasar AC skala besar. Seperti kebutuhan AC perhotelan, rumah sakit, sekolah, perumahan, dan proyek besar.

Namun Candi Elektronik tidak melupakan konsumen AC skala rumahan, kata Sarmin. Mereka juga mendapat kemudahan berupa gratis pasang, vakum pipa dan material tiap transaksi AC inverter. Serta gratis cuci satu kali tiap transaksi AC standar. “Kami ingin berkelanjutan. Bukan beli-selesai. Maka kita ada happy call,” lanjutnya.

Kemudahan Pembiayaan

Dalam rangka meningkatkan kemudahan dan kenyaman konsumen, Candi Elektronik hingga saat ini memberikan subsidi gratis ongkos kirim ke wilayah Soloraya. Menuju Lebaran, Candi Elektronik juga menggelar pameran produk pada 31 Maret-9 April 2023 di The Park Mall.

Beberapa diskon sudah disiapkan. Di antaranya diskon up to Rp10 juta, beli TV gratis TV, beli mesin cuci gratis setrika, hingga promo bundling Rp999.000 bisa dapat empat produk elektronik. “Meski begitu diskon di toko tetap ada,” pungkas Sarmin.

Saat ini, sudah ada sekitar enam bank dan perusahaan pembiayaan yang bisa dimanfaatkan konsumen Candi Elektronik. Tersedia pula kemudahan seperti cicilan bunga 0% dan tenor enam bulan serta kredit melalui beberapa marketplace.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya