SOLOPOS.COM - Para delegasi Korea pengisi acara SIPA 2022 disambut hangat saat tiba di Adhiwangsa Hotel, Kamis (8/9/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Belasan orang tampak sibuk bersiap di Lobby Adhiwangsa Hotel Solo, Kamis (8/9/2022) sore. Dengan berbusana batik, mereka tampak rapi namun tetap santai.

Sajian dari jajanan tradisional Jawa, jus mangga dicampur minuman Korea sudah siap di meja kayu. Dua orang bermain siter dan menyanyi langgam Jawa.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Sebanyak 17 delegasi Solo International Performing Arts (SIPA) 2022 tiba di halaman Adhiwangsa Hotel dengan menggunakan bus, Kamis (8/9/2022) pukul 17.30 WIB.

General Manager Adhiwangsa, Darmanto menyambut dengan salam berbahasa Jawa berikut Korea. Ia mengalungkan rangkaian bunga kepada dua delegasi perwakilan mereka.

“Sugeng rawuh, selamat datang. Annyeonghaseyo,” sambut Darmanto.

Baca Juga: Hotel Adhiwangsa Solo Punya Promo Khusus Penonton Konser Dream Theater

Butuh dua pekan untuk mempersiapkan seluruh konsep sambutan bagi delegasi Korea. Mulai dari sajian, konsep kamar, dan akomodasi. The Adhiwangsa Hotel ingin para delegasi mengenang kehangatan Solo. Karenanya, mereka menghadirkan sajian makanan dan budaya khas Jawa.

Darmanto mengajak mereka mencicipi sajian khas Jawa. Lepet, klepon, nogosari, jus mangga, dan kunir asam. Ia sengaja menyajikan makanan minuman khas Jawa. Ia ingin mereka mengenang cita rasa makanan dan keramahan Indonesia.

“Kami sengaja siapkan menu yang bagi mereka enggak bisa ditinggalkan. Kita ingin diingat,” kata dia.

Ditemani translator, para delegasi dari Korea berbincang dengan Tim Adhiwangsa Hotel. Mereka adalah Hwang Daeyol, Lee Dosaeng, Moon Hyungsuk, dan belasan orang lain delegasi dari Korea.

Baca Juga: Liburan ke Solo, Ini Alasan Kenapa Adhiwangsa Hotel Jadi Pilihan Utama Menginap

Keseruan para delegasi tampak saat mereka bersama-sama belajar mengucapkan sugeng rawuh dan matur nuwun.

Darmanto menambahkan, para delegasi Korea bahkan memuji orang Solo saat mengucapkan annyeonghaseyo.
“Mereka bilang kalau kamu bagus bahasanya, karena kita tadi bilang annyeonghaseyo,” kata dia.

Salah satu delegasi, Hwang Daeyol mengatakan mereka senang bisa berkunjung ke Solo. Saling bertukar budaya, menjadi salah satu hal yang mereka sukai.

“Saya ingin bilang, mempertemukan dua budaya, Solo dan Korea. Ini bagus, semoga ke depan semakin bagus lagi,” kata Hwang Daeyol yang kemudian diterjemahkan oleh tim Adhiwangsa Hotel.

Hingga SIPA selasai, k17 delegasi dari Korea akan menginap di Adhiwangsa Hotel. Sementara hari ini, mereka akan menampilkan tarian di panggung SIPA 2022 tepatnya di Benteng Vastenberg, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya