SOLOPOS.COM - Jajaran direksi Artajasa dalam acara buka puasa bersama media di Jakarta. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Aktivitas transaksi perbankan dan sistem pembayaran kian meningkat secara signifikan saat Ramadan dan IdulFitri.

Sebagai pengelola jaringan ATM Bersama, PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) telah mempersiapkan langkah-langkah strategis dalam mengantisipasi lonjakan transaksi yang terjadi di periode Ramadan hingga menjelang libur Idulfitri 2023.

Promosi Fokus Transformasi, Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5%

Direktur Utama Artajasa, M. Ma’ruf menyampaikan untuk transaksi switching yang melalui Artajasa berpotensi terjadi peningkatan sejak H-14 menjelang libur Idulfitri.

“Mobilisasi masyarakat yang saat ini telah aktif kembali hampir 100% [setelah masa pandemi di tahun-tahun sebelumnya] turut mendorong terjadinya peningkatan transaksi, khususnya masyarakat akan memanfaatkan fitur-fitur transaksi perbankan seperti transfer antarbank di ATM Bersama, tarik tunai di ATM Bersama dan bahkan pembayaran menggunakan Debit GPN maupun QRIS di merchant-merchant,” ujar Ma’ruf dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (6/4/2023).

Dia menyatakan Artajasa telah menyiapkan berbagai langkah, seperti pemeliharaan dan monitoring sistem yang dilakukan lebih intensif dan kesiapan untuk peningkatan kapasitas jaringan.

“Berdasarkan histori transaksi tahun lalu dimana peningkatan transaksi ATM Bersama mencapai 50% pada peak period menjelang Idulfitri, tentunya tahun ini kami pun telah menyiapkan langkah untuk mendukung lonjakan transaksi sehingga nasabah tetap dapat melakukan transaksi dengan aman dan lancar,” kata Direktur IT & Operasional Artajasa, Teddy Sis Herdianto.

Artajasa juga mendorong bank Anggota ATM Bersama untuk melakukan kegiatan capacity planning. Teddy mengatakan kegiatan capacity planning sangat penting untuk dilakukan agar bank siap menghadapi tingginya lonjakan transaksi sesuai dengan peningkatan transaksi di jaringan ATM Bersama pada libur Idulfitri mendatang.

Artajasa selalu berupaya menjaga intensitas komunikasi dengan seluruh anggota ATM Bersama untuk memberikan pelayanan transaksi perbankan yang optimal kepada nasabah.

Untuk itu, Artajasa beserta seluruh anggota ATM Bersama senantiasa menyiapkan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis, monitoring serta helpdesk yang siaga selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu guna memastikan jaringan ATM Bersama tetap termonitor dengan baik.

Direktur Bisnis Artajasa Heru Perwito menjelaskan Artajasa senantiasa mendukung kebijakan pemerintah terkait perkembangan digital melalui penyediaan infrastruktur sistem pembayaran yang Cepat, Mudah, Murah, Aman, Handal (Cemumuah).

“Sebagai pelopor jaringan infrastruktur shared ATM terdepan di Indonesia, Artajasa juga telah mengembangkan berbagai layanan yang dibutuhkan oleh mitra dan masyarakat, serta berperan penting dalam mendukung program digitalisasi yang menjadi kebijakan dari pemerintah Indonesia, khususnya seperti layanan Debit GPN, QRIS, QRIS Crossborder maupun Kartu Kredit Pemerintah Domestik (KKPD) yang dalam waktu dekat akan diluncurkan oleh pemerintah,“ jelas Heru.

Direktur Keuangan dan Layanan Korporasi Artajasa, Siti Hidayati menambahkan sebagai perusahaan penyedia layanan transaksi elektronik terdepan, Artajasa memahami berbagai kebutuhan pelanggan yang beragam melalui pengembangan produk dan inovasi layanan transaksi pembayaran yang fleksibel, aman dan efisien.

“Dengan pengalaman di industri sistem pembayaran nasional selama 23 tahun, kami terus mengedepankan kualitas layanan yang terbaik dan terus tumbuh dalam menjawab tantangan bisnis saat ini melalui solusi layanan keuangan digital yang terintegrasi. Silakan manfaatkan transaksi digital melalui layanan-layanan Artajasa yang telah hadir di masyarakat saat ini,” tambah Siti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya