SOLOPOS.COM - Warga menunjukkan uang sesuai menukarkan uang baru di mobil kas keliling di Pasar Legi, Solo, Jumat (1/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, JAKARTA — PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menyiapkan uang tunai senilai Rp25,8 triliun sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan nasabah di masa libur Lebaran tahun 2023.

Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (9/4/2023), menyampaikan dana tersebut dialokasikan untuk 14 hari kalender terhitung mulai 13 hingga 26 April 2023.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Dia mengatakan BTN menaikkan alokasi uang tunai pada tahun ini seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat, yang mana naik mencapai sebesar 1,3 kali dibandingkan kondisi normal harian yang senilai Rp1,72 triliun.

Uang tunai tersebut akan kami alokasikan untuk mesin ATM dan kas pada seluruh outlet Bank BTN sehingga nasabah Bank BTN dapat bertransaksi dengan nyaman,” ujar Nixon seperti dilansir Antara.

Dia menjelaskan sebanyak 30 persen dari total dana atau senilai Rp7,74 triliun akan digunakan untuk pengisian mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BTN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kemudian, sebesar 70 persen dari total dana atau senilai Rp18,06 triliun akan dianggarkan untuk kas pada seluruh jaringan kantor BTN.

Pihaknya mengungkapkan BTN juga melakukan operasional terbatas untuk beberapa jaringan kantor perseroan untuk tetap memenuhi kebutuhan masyarakat atas layanan perbankan.

Kemudian, lanjut dia, nasabah juga bisa memanfaatkan layanan lengkap dari BTN Mobile untuk bertransaksi cashless pada masa libur lebaran.

Selain BTN Mobile, Bank BTN juga memiliki portal www.btnproperti.co.id dan www.rumahmurahbtn.co.id, yang mana masyarakat bisa mencari hunian baru atau second sekaligus mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di mana pun dan kapan pun.

Sebagai informasi, hingga Desember 2022 Bank BTN tercatat memiliki 736 jaringan kantor dan 57 outlet prioritas. Selain itu, Bank BTN juga memiliki lebih dari 2.000 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bank BCA

Sementara itu PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memastikan ketersediaan uang tunai sebesar Rp69,48 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023.

Menurut siaran resmi, Rabu, jumlah tersebut naik 10 persen dari nominal yang disiapkan pada momen bulan suci dan Lebaran tahun lalu. Pembatasan mobilitas pada tahun ini sudah semakin longgar, sehingga kegiatan perekonomian serta konsumsi masyarakat menjelang Idul Fitri pun diperkirakan akan lebih besar dibandingkan dengan tahun lalu.

Sejalan dengan hal tersebut, BCA mengantisipasi adanya peningkatan transaksi dengan mempersiapkan sejumlah layanan yang dapat mempermudah nasabah.

Selain ketersediaan uang tunai, BCA juga memastikan kebutuhan nasabah untuk menukarkan uang terpenuhi. Di wilayah Jabodetabek, BCA memfasilitasi nasabah dengan layanan penukaran uang di 46 Kantor Cabang Utama (KCU), satu mobil kas keliling di area Masjid Istiqlal mulai 3 hingga 14 April 2023, serta di Rest Area KM 57 Tol Jakarta Cikampek pada 17 hingga 19 April 2023.

“Kami harap kesiapan BCA dalam memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadan dapat mendukung perputaran uang di masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan nasional,” ucap Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja.

Selama bulan suci Ramadan 1444 H, BCA juga melakukan penyesuaian jam operasional kantor cabang hingga pukul 14.30 waktu setempat. Kendati demikian, BCA tetap melayani kebutuhan transaksi nasabah selama 24 jam melalui layanan digital yang tersedia di aplikasi myBCA, BCA mobile, internet banking KlikBCA, hingga jaringan ATM Setor-Tarik BCA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya