SOLOPOS.COM - PLN hadir membawa 10 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam rangkaian event Solo Great Sale (SGS) yang berlangsung di Solo Paragon Mall pada 19-22 Oktober 2023. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, PLN hadir membawa 10 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam rangkaian event Solo Great Sale (SGS) yang berlangsung di Solo Paragon Mall pada 19-22 Oktober 2023.

Program ini adalah salah satu rangkaian kegiatan Hari Listrik Nasional 2023 yang jatuh pada 27 Oktober 2023.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dalam pameran yang bertajuk BUMN-UMKM Great Sale 2023 ini, PLN mengusung Rumah BUMN Gunung Kidul sebagai wadah UMKM binaan PLN. Tercatat tidak kurang dari 10 UMKM binaan RBUMN PLN ikut berpartisipasi, meliputi Rasane Vera (minuman aloe vera), Sri Agung (snack lokal), Yani’s Fish (snack ikan), T’Craft (kerajinan kulit), Al Husna Cokelat (coklat karakter), Katamata (kopi), KSA Akar Wangi (kerajinan serat alam), Seven and Only (kerajinan dompet), Kalfis (snack ikan) dan Shanai (kerajinan tas).

Edi Dwiatmaja, pengelola RBUMN PLN menyampaikan apresiasinya kepada PLN di event ini yang telah memberikan kesempatan pada UMKM untuk memasarkan produknya dalam event Solo Great Sale. Edi menambahkan bahwa para UMKM berhasil memikat minat pengunjung dengan berbagai produk dan inovasi kreatifnya.

“Terima kasih kepada PLN atas kesediaannya membantu kami dan memfasilitasi kami dalam kegiatan pameran Solo Great Sale ini. Terima kasih atas dukungannya selama ini,” ujar Edi dalam keterangan tertulis.

Edi menegaskan Rumah BUMN Gunungkidul dengan dukungan PLN sejak 2017 hingga saat ini telah berhasil memberikan pendampingan terhadap 1616 UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DIY.

“Rumah BUMN Gunungkidul binaan PLN ini merupakan rumah bersama untuk berkumpul, belajar, dan membina para pelaku usaha. Hal ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan UMKM agar menjadi UMKM Indonesia yang unggul dan berkualitas melalui program pelatihan, workshop, konsultasi bisnis, pendampingan usaha, pameran, serta pemasaran,” ujar Edi.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, M Soffin Hadi berharap dalam menyambut Hari Listrik Nasional ke-78 tahun 2023 ini, PLN dapat memainkan peran penting dalam pembangunan dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor UMKM.

“Melalui keterlibatan UMKM binaan Rumah BUMN PLN, kami ingin mendukung pengusaha lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Solo dan sekitarnya. BUMN-UMKM Great Sale 2023 bukan hanya tentang berbelanja, tetapi juga tentang mendukung komunitas lokal dan menghargai keahlian mereka,” ujarnya.

Pernyataan senada juga diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dalam pembukaan event ini.

“Bersama BUMN-UMKM Great Sale, ini bagian yang tidak terpisahkan [dalam] mengangkat ekonomi di solo ini, [yang] pertumbuhannya di atas rata-rata Indonesia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya