SOLOPOS.COM - Logo Bank BCA (JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Ada banyak alasan mengapa saldo tabungan di nomor rekening dibiarkan kosong atau nol rupiah dalam waktu yang cukup lama. Lalu, benarkah rekening BCA dengan saldo nol rupiah bisa terblokir secara otomatis?

Menjadi nasabah bank dengan saldo tabungan nol rupiah di rekening terkadang menjadi hal biasa. Salah satu alasannya karena nasabah itu mengakses layanan perbankan di lebih dari satu bank. Dengan begitu, kosongnya saldo tabungan tidak jadi masalah bagi nasabah karena masih bisa mengakses layanan perbankan di lembaga keuangan lain.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Namun, BCA sebagai lembaga perbankan bisa memblokir nomor rekening nasabah secara otomatis jika saldo tabungan dibiarkan nol rupiah dalam waktu yang cukup lama. Lalu, apa saja ketentuannya?

Dilansir dari laman Kartu Bank, Rabu (2/11/2022), bagi nasabah BCA dengan saldo rekening tabungan nol rupiah ada kemungkinan nomor rekeningnya terblokir. Namun, tidak semua nomor rekening bakal diblokir BCA meski memiliki saldo nol rupiah.

Baca Juga: Begini Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online, Dijamin Antiribet

Bila saldo di rekening Rp0 atau nol rupiah selama tiga bulan berturut-turut, bank BCA akan menutup sepihak nomor rekening tersebut. Tapi, ketentuan ini tidak berlaku untuk semua jenis rekening. Ketentuan itu hanya untuk jenis rekening Tahapan, Tapres, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tabunganku dan Tahapan Dollar.

Sedangkan untuk BCA Giro baru akan terblokir otomatis bila saldo Rp0 selama enam bulan berturut-turut. Rekening Simpanan Pelajar BCA beda lagi. Rekening khusus pelajar ini baru akan tutup otomatis bila tidak ada aktivitas selama 6 bulan berturut-turut dengan saldo Rp5000 ke bawah.

Lalu, bagaimana cara mengetahui nomor rekening BCA dengan saldo nol rupiah itu sudah terblokir atau masih aktif? Selama masih ada saldo tabungan BCA, maka rekening tersebut masih aktif tetapi kemungkinan dikategorikan dormant atau pasif.

Baca Juga: Negara dan Kualitas Pelayanan BCA

Rekening tabungan dinyatakan dormant jika selama enam bulan berturut-turut pada rekening tersebut tidak ada transaksi debet dan kredit, selain pendebetan dan pengkreditan oleh sistem karena biaya administrasi, denda saldo minimum, pajak dan bunga.

Rekening dormant bukan berarti terblokir atau ditutup. Sebab, pemblokiran hanya berlaku untuk nasabah BCA dengan tabungan nol rupiah di rekening dengan beberapa ketentuan.

Namun, nasabah dengan rekening dormant hanya bisa bertransaksi melalui channel BCA seperti ATM dan ebanking lainnya. Sedangkan untuk transaksi di kantor cabang tidak bisa dilayani.

Baca Juga: Meski Gratis, Penumpang Umum BST Solo dan Feeder Wajib Tap Uang Elektronik

Terus bagaimana cara mengaktifkan rekening BCA yang dormant? Caranya sangat gampang, tarik tunai di atm BCA maka rekening BCA-mu otomatis akan kembali normal alias tidak dormant lagi.

Demikian informasi terkait saldo tabungan BCA nol rupiah yang memiliki risiko terblokir secara otomatis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya